Mohon tunggu...
Iswatun Hasanah
Iswatun Hasanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

If you want to be the best, you have to work more than the rest

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Sudahkah Kita Mengapresiasi Diri Kita Sendiri?

21 September 2022   16:46 Diperbarui: 21 September 2022   20:25 375 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: Pinterest/rookiemag.com

Pernah enggak sih, pada diri kita sendiri pernah merasakan insecure yang berlebih dalam berbagai hal?. Jawabannya, pasti pernah apalagi dalam hal pendidikan, ekonomi, fisik dan kesuksesan.  Maka dari itu, diri kita sendiri harus paham penyebab nya apa sih kok kita merasa insecure, dan bagaimana cara mengendalikan bahkan menghilangkan rasa insecure yang ada pada diri sendiri.

Mengacu pada definisi yang ditulis dalam Cambridge dictionary, secara sederhana insecurity adalah suatu perasaan kurang percaya diri dalam berbagai hal.  Insecure sendiri dapat menyerang semua kalangan baik yang muda atau yang tua, baik wanita ataupun laki-laki. Insecure yang berlebihan dalam jangka panjang dan tidak ditangani dengan baik maka dapat menimbulkan gangguan seperti kesehatan mental dan fisik.

Basiknya manusia itu tidak terlahir dengan sifat insecurity. Insecure sendiri ada karena adanya suatu faktor penyebab. Penyebab munculnya insecure biasanya terjadi karena

  • Pernah adanya trauma dimasa lalu

Seringnya mengalami penolakan, kegagalan, kehilangan sesuatu yang berharga, bahkan jarang dilibatkan dalam memutuskan pendapat. Sehingga menjadikan seseorang takut untuk berspeak up mengenai pendapat yang dimilikinya dan mengenai apa yang ia rasakan saat ini.

  • Tekanan dari orang tua yang melebihi kemampuan anaknya

Perlakuan dan tekanan yang berlebih yang diberikan orang tua terhadap anaknya. Menjadikan anaknya menjadi pribadi yang cenderung merasa tidak berharga dan menyalahkan iri sendiri apabila mereka tidak mampu memenuhi ekpetasi orang tuanya.

  • Memiliki kepribadian yang perfeksionis

Orang memiliki sifat ini selalu berfikiran apa yang diinginkan harus berjalan dengan sempurna. Apabila usaha yang telah dilakukan tidak sesuai dengan ekspetasi dirinya sebelumnya, maka ia akan merasa kecewa, dan selalu terbayang-banyang atas kegagalan yang terjadi.

Insecurity sendiri memiliki macam-macamnya. Menurut pakar psikologi Mellanie Greenberg, Ph.D., setidaknya ada 3 macam jenis insecure yaitu.

  • Insecurity based on failure/rejection

Menurut Guy Winch dalam buku Emotional First Aid, menyatakan bahwa penolakan atau kegagalan itu pasti mendorong kita untuk melihat diri sendiri ataupun orang secara negatif.

  • Social Anxiety

Menurut Mellanie Green berg, Ph.D., jenis insecure ini disebabkan oleh rasa takut dinilai oleh orang lain. Hal ini mendorong kita seringkali merasa gelisah dan nggak nyaman.

  • Insecurity driven by perfectionism

Menurut Mellanie Green berg, Ph.D., insecurity ini di ilustrasikan kalau kita sering merasa kecewa dan suka menyalahkan diri sendiri hanya karena nggak bisa perfect sesuai ekspetasi.

Terus apasih, yang harus dilakukan untuk menghilangkan rasa insecure dan gimana untuk menjadi pribadi yang lebih pede?

  • Mengenali diri sendiri 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan