Mohon tunggu...
Iswara Rusniady
Iswara Rusniady Mohon Tunggu... Pustakawan

sharing....connecting ....literasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Ayo Kita Belajar Berliterasi, Keterampilan Membaca dan Menulis

11 November 2019   19:25 Diperbarui: 11 November 2019   19:47 0 1 1 Mohon Tunggu...

Ayo blajar belajar menulis !!! Apa anda suka membaca? Apa anda suka menulis? Kalau anda sudah suka keduanya baguslah. Berarti anda sudah menjadi seorang literat. Literat itu artinya orang yang sudah terbiasa membaca dan menulis. Atau istilah yang dikenal sekarang literasi.

Literasi yaitu bila seseorang telah memiliki pemahaman dan kemampuan membaca, dari situ nantinya akan muncul kemampuan untuk menulis. Tapi yang ingin saya uraikan disini adalah asiknya belajar menulis di kompasiana.

Belajar menulis di kompasiana  memang harus diawali dengan kebiasaan membaca tulisan-tulisan dari kompasianer. Dari belajar mempelajari cara mereka menuangkan gagasan dalam berbagai bentuk dan gaya penulisan, kita bisa mempelajarinya.

Setelah kita sedikit paham gaya penulisan orang lain, maka jangan dilama-lama harus dicoba untuk menulis, walaupun tulisan kita awalnya kurang bagus, tetapi yakinlah, lama-kelamaan seiring waktu, dari seringnya kita membaca tulisan di kompasiana dan seringnya kita mencoba mempraktekan terus dengan berbagai tulisan, dengan mencontoh gaya penulis lain, sehingga lama-lama kita bisa bisa menemukan gaya kepenulisan kita sendiri.

Kata kunci untuk menulis adalah  membaca, sepanjang kita tidak membaca sangat sulit untuk dapat merangkai kata dan ungkapan kata dalam tulisan, cobalah terus untuk membaca, dan terbiasa membaca supaya menjadi kebiasaan membaca -- hobi baca, sehingga nanti sangat mudah untuk mengekpresikan kemampuan membacanya untuk menjadi sebuah tulisan, yang bisa ditampilkan lewat media massa cetak maupun media online semacam kompasiana.

Sekarang banyak sekali media cetak dan media massa online, tempat menyalurkan hobi anda menulis. Tapi alangkah baiknya juga anda punya media untuk menulis sendiri. Mungkin media yang cocok dan tepat dengan kebutuhan anda di antaranya bikin blog anda sendiri.

Dengan memiliki blog sendiri, memungkinkan anda menuangkan ide, gagasan apa saja lewat tulisan yang nantinya dimuat di blog sendiri. Karena untuk baiknya suatu tulisan memang itu harus terus menulis menjadi kebisaan, hobi menulis  dan membaca.

Selain itu kita perlu belajar dengan membaca hasil tulisan orang lain. Dengan membaca tulisan karya orang lain, kita diberi kesempatan untuk mempelajari, bagaimana menentukan tema tulisan, bagaimana menuangkan ide/gagasan lewat tulisan, dan merangkai kata menjadi kalimat, dari kalimat menjadi paragraf sehingga nantinya bisa berarti dalam tulisan dan mudah dipahami para pembacanya.

Kadang kita sulit sekali merangkai kata yang baik dalam tulisan, tetapi dengan terus membaca dan terus belajar merangkai kata, lama kelamaan akan terbiasa, sehingga ahirnya tertuang dalam tulisan yang enak untuk dibaca.

Baiklah saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman saya sewaktu belajar menulis/ngeblog pertama kalinya. Saya waktu itu memang hobi membaca dan sedikit hobi nulis,walau tulisannya belum begitu baik.

Pada waktu itu saya membaca lewat komputer/internet yang ada dikantor, kebetulan waktu itu HP masih belum ada yang android. Jadi untuk mendapatkan informasi hanya lewat komputer atau laptop saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN