Mohon tunggu...
Yudax
Yudax Mohon Tunggu... Jurnalis - Santui

Kawan Untuk Mengetahui Saya Kunjungi : https://kanalindonesia.com

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Cemilan Sagu Lempeng Tidore Berbahan Dasar Umbi Singkong

15 Oktober 2022   22:53 Diperbarui: 6 Januari 2023   04:00 239
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sagu Lempeng Tidore Berbahan Dasar Umbi Singkong. 

TIDORE KEPULAUAN- Umbi singkong banyak diolah menjadi beragam jenis olahan makanan, salah satunya diolah menjadi cemilan sagu lempeng.

Salah satu daerah yang mengolah umbi singkong menjadi cemilan sagu lempeng ada di Kelurahan Jaya Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan (Tikep) Provinsi Maluku Utara (Malut).

Proses Pemanggangan Sagu Lempeng
Proses Pemanggangan Sagu Lempeng

Dikutip dari halaman kanalindonesia.com, Sagu lempeng dibuat dari tepung umbi singkong yang dipanggang dalam cetakan batu (terbuat dari tanah liat) bernama forna.

Setelah dibakar, tepung umbi singkong menjadi padat berwarna putih kehitaman, mirip roti bakar, dan berbentuk lempengan.

"Sagu lempeng di daerah Tidore khususnya kami disini, dikenal dengan sebutan hula keta, dan singkong dikenal dengan sebutan daso," tutur warga yang enggan disebutkan namanya, karena ia beralasan bahwa dirinya bukan ahli bahasa.

Sementara, salah satu pembuat sagu lempeng di Kelurahan Jaya bernama Siti, saat ditemui Kota Tikep, Sabtu (15/10/2022) di tempat pembuatan sagu lempeng mengatakan, sudah sangat lama pengolahan umbi singkong menjadi sagu lempeng di Kelurahan Jaya.

"Di Kelurahan Jaya ini banyak yang membuat sagu lempeng termasuk saya, kami buat kalau ada stok umbi singkong, dibuat untuk dijual di pasar Rum, ada yang ambil dari kami untuk di jual di pasar Soa-Sio. Untuk harganya empat lempeng, dibandrol dengan harga Rp.10 ribu 4 lempeng," ungkapnya.

Siti menjelaskan, umbi singkong terlebih di parut untuk dibuatkan tepung, setelah menjadi tepung maka perlu diayak beberapa kali hingga mendapatkan tepung yang halus.

Saat mendapatkan tepung yang halus, kemudian tepung tersebut diisi ke dalam cetakan (forna) untuk dipanggang sampai masak, warnanya putih kehitam-hitaman seperti roti bakar dan menjadi lempengan cemilan sagu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun