Mohon tunggu...
Iswadi Suhari
Iswadi Suhari Mohon Tunggu... Penulis - Passion catcher

Penulis opini, buku, dan novel "Cintaku Setengah Agama"

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Penting, Pilih Pekerjaan yang Mengantarmu pada Kemerdekaan Finansial

19 Agustus 2021   11:19 Diperbarui: 19 Agustus 2021   15:00 703 18 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pengelolaan keuangan yang baik akan membantumu mewujudkan berbagai impian di masa depan (Dokumentasi Shutterstock via kompas.com)

Hari gini emang gampang banget untuk pusing karena tidak punya pekerjaan. Tapi di belahan bumi yang lain banyak juga loh yang lagi pusing menentukan pekerjaan apa yang harus dipilih. 

Jika memungkinkan, pilihlah pekerjaan yang akan mengantarmu pada kebebasan finansial suatu hari nanti.

Apa itu kebebasan finansial? 

Banyak sekali definisi mengenai kebebasan finansial. Tapi dalam tulisan ini yang saya maksud dengan kebebasan finansial adalah suatu kondisi keuangan di mana seseorang tidak harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya. Apakah mungkin? Mungkin banget. 

Hal ini bisa terjadi ketika seseorang memiliki sumber penghasilan yang tidak menuntut melakukan pekerjaan setiap waktu. 

Secara ekstrim, seseorang cukup tidur saja setiap hari atau melakukan kegiatan yang tidak berkaitan dengan mencari penghasilan, dia akan tetap terpenuhi kebutuhan hidupnya. Kok bisa?

Ya bisa, kalau dia punya sumber uang yang terus mengalir walau dia tidak melakukan sesuatu. Contohnya seorang penulis lagu atau buku yang punya banyak royalty dan cukup untuk menghidupinya setiap bulan. Jadi tanpa harus menulis buku atau lagu lagi dia tetap akan menerima royalty dari buku atau lagunya yang terjual.

Sumber keuangan yang sering disebut-sebut sumber kemerdakaan finansial adalah sewa property. Gampangnya kontrakan lah. Tanpa bekerja, seseorang yang punya kontrakan akan menerima uang setiap bulan atau setiap tahunnya. 

Walaupun tetap tidak seratus persen hanya tidur, dia juga harus tetap mengelola kontrakannya agar tetap menghasilkan keuntungan dan tidak merugi. Tetapi secara umum dia tidak harus banting tulang setiap hari untuk mendapat penghasilan. 

Cukup memantau kebersihan dan kualitas bangunan sesekali saja dalam beberapa bulan. Dia tetap mendapatkan penghasilan. Makanya banyak artis beken yang berinvestasi pada usaha semcam ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan