Mohon tunggu...
Isur Suryati
Isur Suryati Mohon Tunggu... Guru - Menulis adalah mental healing terbaik

Mengajar di SMPN 1 Sumedang, tertarik dengan dunia kepenulisan. Ibu dari tiga anak. Menerbitkan kumpulan cerita pendek berbahasa Sunda berjudul 'Mushap Beureum Ati' (Mushap Merah Hati) pada tahun 2021. Selalu bahagia, bugar dan berkelimpahan rejeki. Itulah motto rasa syukur saya setiap hari.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Aksi Nyata Modul 1.2 Guru Penggerak dengan Model 4P

12 September 2023   14:49 Diperbarui: 12 September 2023   14:51 615
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi berfoto bersama petugas upacara (Dok.Pribadi)

Aku hanya orang biasa yang bekerja untuk bangsa Indonesia dengan cara Indonesia -Ki Hajar Dewantara

Dalam artikel ini, Saya ingin berbagi pengalaman dan aksi nyata dalam modul 1.2, sesuai dengan rencana 4P pada koneksi antar materi pengembangan diri yang sederhana, konkret, rutin, serta dapat dilakukan sendiri. Aksi ini merupakan upaya saya untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila.

Pada aksi nyata ini, saya berfokus pada beberapa aspek yang saya rasa penting dalam pengembangan diri sebagai seorang guru penggerak:

Pengembangan Karakter Religius

Salah satu aspek yang saya tekankan adalah menumbuhkan karakter religius pada diri siswa. Saya mengajak mereka untuk berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, sehingga mereka memiliki kesadaran spiritual yang kuat.

Bergotong-Royong

Saya juga mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan gotong-royong untuk membersihkan lingkungan sekolah. Ini adalah upaya untuk mengajarkan nilai-nilai kebersamaan dan tanggung jawab terhadap lingkungan.

Kerja Sama

Dalam kegiatan diskusi kelompok, saya membantu siswa untuk belajar bekerja sama dengan teman-teman mereka. Ini membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial yang penting.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun