Mohon tunggu...
Isur Suryati
Isur Suryati Mohon Tunggu... Guru - Menulis adalah mental healing terbaik

Mengajar di SMPN 1 Sumedang, tertarik dengan dunia kepenulisan. Ibu dari tiga anak. Menerbitkan kumpulan cerita pendek berbahasa Sunda berjudul 'Mushap Beureum Ati' (Mushap Merah Hati) pada tahun 2021. Selalu bahagia, bugar dan berkelimpahan rejeki. Itulah motto rasa syukur saya setiap hari.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Kiat Sukses Menjawab Soal-soal Literasi ANBK

13 September 2022   20:51 Diperbarui: 14 September 2022   04:20 1053 32 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi ujian berbasis komputer.(KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO) 

"Baru saja masuk sekolah secara tatap muka, setelah hampir tiga tahun belajar secara daring. Tiba-tiba saja peserta didik mendapatkan pemberitahuan, bahwa namanya tercantum sebagai peserta Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)".

Kegalauan itu harus dialami dan dirasakan oleh peserta didik kelas 5 SD/MI, kelas 8 SMP/MTs, dan kelas 11 SMA/SMK/MA dan sederajat. Karena, peserta didik tersebut merupakan peserta ujian yang diberi nama Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2022. Jika, kalian termasuk yang tengah galau. Selamat, Nak! sebab kamu telah terpilih oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan

Jangan terlalu lama meratapi kegalauan, bangkit dan berjuanglah! Justru, kalian harus bersyukur, lantaran kalian akan mendapatkan manfaat dari hal ini. Mengapa tidak? Dengan mengikuti program evaluasi ini, ada banyak hal yang akan menguntungkan bagi perkembangan literasi kalian. 

Manfaat ikut ANBK bagi peserta didik

Pertama, kemampuan literasi akan meningkat. Baik dalam literasi membaca dan memahami karya sastra, maupun literasi mengambil intisari dari bacaan. Karena, melalui ANBK akan dapat diukur sampai sejauh mana tingkat kemampuan literasi, dalam hal ini membaca, dari setiap peserta. 

Hasil ini nantinya akan dijadikan sebagai bahan evaluasi, agar guru dapat mencari metode yang tepat, untuk mengerek naik tingkat literasi membaca peserta didik yang lainnya.

Kedua, kemampuan numerasi atau literasi matematika pun akan semakin baik. Karena, kalian terlatih untuk mengisi soal-soal matematika yang ditulis dengan narasi yang panjang. Dengan hasil ini, nanti kalian akan bisa mengukur diri, sampai di mana pemahaman kalian dalam memahami pelajaran Matematika. 

Terkadang ditemukan kasus, ada peserta didik yang paham semua konsep matematika, umpama bangun ruang, rumus mencari luas segi tiga, mencari luas alas dan tinggi. Namun, saat dihadapkan pada soal dengan narasi kontekstual, dia kebingungan. Sama sekali tidak bisa menjawab dengan benar.

Ketiga, dengan menjadi peserta ANBK, kalian akan diberikan pembimbingan dalam hal trik dan tips menjawab soal dengan benar. 

Selain itu, kalian pun akan berjuang mengatasi rasa grogi saat menyelesaikan soal-soal yang berbatas waktu pengerjaannya. Setelah kalian mengikuti ANBK, maka bila nanti di jenjang yang lebih tinggi terpanggil lagi untuk ujian tersebut. Kalian akan merasa percaya diri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan