Mohon tunggu...
Isur Suryati
Isur Suryati Mohon Tunggu... Guru - Menulis adalah mental healing terbaik

Mengajar di SMPN 1 Sumedang, tertarik dengan dunia kepenulisan. Ibu dari tiga anak. Menerbitkan kumpulan cerita pendek berbahasa Sunda berjudul 'Mushap Beureum Ati' (Mushap Merah Hati) pada tahun 2021. Selalu bahagia, bugar dan berkelimpahan rejeki. Itulah motto rasa syukur saya setiap hari.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Mampu Mengendalikan Teknologi dengan Empat Kompetensi Milenial

25 Agustus 2022   12:11 Diperbarui: 26 Agustus 2022   12:07 354 28 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Robot T-HR3 (Toyota Humanoid Robot) memperagakan responsnya atas gerak manusia di Tokyo Motor Show 2019.(Kompas.com/Wisnu Nugroho)

Dunia yang kita tinggali saat ini sudah semakin tua. Tanda-tanda bahwa bumi ini bertambah senior usianya, mulai dapat kita lihat dengan kasat mata.

Dari mulai kondisi alam yang rusak, tidak menentunya perubahan musim, bencana alam di mana-mana, timbulnya penyakit dan virus yang terus bermutasi, hingga kemajuan teknologi yang tidak terkendali.

Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa kehidupan manusia saat ini sudah diambil alih oleh teknologi. Sehingga, manusia menjadi sangat bergantung kepada teknologi, dan seakan-akan tidak bisa hidup tanpanya.

Dalam berbagai aspek kehidupan, secara bertahap tapi pasti, sudah mulai merambah ke arah digitalisasi di semua lini. Lihat saja di dalam gawai kita. Layar biru berukuran 7 inci ini, sudah mampu menggantikan banyak piranti yang dulu kita lakukan secara manual.

Umpama, transaksi perbankan, membayar segala jenis tagihan, investasi, bahkan proses belajar-mengajar, dan lain-lain.

Di negara-negara maju seperti Amerika, Inggris, Jerman, Jepang, Korea, dan lain-lain. Teknologi bahkan sudah menggantikan semua aktivitas manusia 

Teknologi tersebut adalah artificial inteligent yang termanifestasi dalam mesin berteknologi canggih. Di mana kecerdasan dan kemampuan mesin ini hampir menyerupai manusia. 

Bahkan secara tenaga, mungkin dapat melebihi manusia. Karena, mesin tidak mengenal kata capek dan suka mengeluh seperti manusia. Mesin ini bernama robot.

Istilah robot mulai muncul secara perdana sekitar tahun 1920. Berasal dari kata 'robota' dalam bahasa Ceko artinya kerja paksa.

Jepang sebagai salah satu negara yang memiliki teknologi robot ini. Ternyata, menjadi salah satu pemain utama dalam industri ini. Mengutip dari Okezone com, sebanyak 56 persen suplai robot di dunia berasal dari Jepang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan