Durian 20 ribu. Besar mulus, manis legit
Persaingan di dunia marketing semakin ketat. Dibutuhkan kreativitas dan kecerdasan untuk merangkul pembeli/buyer.Â
Bisa jadi trik marketing yang digunakan bisa meraup keuntungan dari pembeli yang tertarik pada produk yang ditawarkan dan menjadi pelanggan setia.Â
Tapi tak jarang trik marketing yang digunakan justru membuat pembeli ilfil dan kapok. Sebagai konsumen, kita dituntut jeli untuk mensikapi banyaknya rayuan iklan dari produsen maupun reseller.Â
Sebaliknya sebagai pedagang, harus pandai mensiasati trik marketing yang telah dijalankan untuk menarik pembeli dengan mempertanggungjawabkan kualitas dan kejujuran, meski dengan trik cerdas untuk menggaet pembeli.
 Saya mencoba merangkum 6 trik marketing yang pernah saya , teman-teman, maupun kenalan alami, sehingga menjadi rambu-rambu untuk waspada terhadap banyaknya trik marketing yang menjebak.Â
1. Not real pict (gambar hanya pemanis).Â
Di sini penjual berusaha mendiskrispsikan  produknya sedetail mungkin, tapi foto yang dipasang bukan produk sesungguhnya.Â
Di sini kita harus melihat dan bertanya apakah itu real pict, atau gambar hanya pemanis. Terkadang  penjual yang mengecoh dengan tidak memberitahukan bahwa gambar hanya pemanis, jika tidak ada yang mempertanyakan.Â
Ketika produk/barang sampai di tangan pembeli, akan mengakibatkan kekecewaan dan penyesalan.Â