Mohon tunggu...
Isti Yogiswandani
Isti Yogiswandani Mohon Tunggu... Sarjana pertanian, akta biologi, tp lbh suka menulis. Hobi memasak, menjahit dan travelling.

Manusia merdeka. Menikmati hidup penuh syukur.....

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Apa Kabar Harga Terong?

26 Oktober 2020   19:42 Diperbarui: 2 November 2020   13:04 154 14 1 Mohon Tunggu...

Terung atau terong yang mempunyai nama latin Solanum melongena ini, merupakan tanaman menahun penghasil buah yang dimanfaatkan sebagai sayuran.

Pagi tadi, seorang tetangga menawarkan terong ungu hasil kebunnya sendiri, di grup WA dengan harga 1000/kg. Tanpa pikir panjang saya langsung memesan 5 kg. Dalam hitungan menit, terong sampai ke rumah saya.

Sedikit kaget bercampur geli, ternyata 5 kg itu banyak. Satu kresek besar penuh.

"Dek....kamu mau jualan terong?" Suami saya terkejut ketika ada terong begitu banyak di atas meja. Tapi saya hanya tertawa.Yang jelas dalam seminggu ini meja makanku akan dihiasi olahan terong.

Iseng-iseng saya berselancar tentang harga terong di market place. Ternyata dari data harga sayuran yang dirilis dinas tanaman pangan,  hortikultura dan perkebunan Kabupaten Malang, harga terong ungu memang 1000 rupiah perkilogram.

Kalau kita mau berpikir, tentunya harga sebesar itu sangat murah. Tidak sesuai dengan biaya produksi yang dikeluarkan untuk menanam terong yang dihargai sangat murah. Normalnya harga terong sekitar 6-10 ribu per kg.

Agak mengherankan memang, di tengah kelangkaan pupuk subsidi dan mahalnya harga pupuk nonsubsidi, harga komoditas pertanian justru rendah. Tidak hanya terong, harga cabepun masih relatif rendah. 

Terlepas harga yang di luar kewajaran, terong ternyata mempunyai banyak manfaat, karena terong banyak mengandung antosianin spesifik yang disebut nasunin yang berperan besar dalam penyerapan radikal bebas. Hal ini membuat terong kaya zat antioksidan. 

Tetapi berlainan dengan buahnya bunga dan daun tanaman terong dilarang dikonsumsi karena banyak mengandung racun yang membahayakan yaitu solanin. Solanin ini bisa berfungsi sebagai pestisida alami.

Sebagai ibu rumah tangga yang cerdas, se baiknya kita memanfaatkan rendahnya harga terong untuk menciptakan berbagai masakan berbahan dasar terong yang menarik, seperti :

  1. Terong penyet sambal trasi.
  2. Terong kukus sambal pecel
  3. Terong balado
  4. Sambal goreng terong
  5. Terong goreng krispi
  6. Lodeh terong
  7. Terong sayur asem
  8. Terong bumbu bali
  9. Pecak terong, dll

Salah satu yang saya suka adalah sambal goreng terong. Untuk resepnya silakan dicermati:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN