Mohon tunggu...
isti qoriyah
isti qoriyah Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru TK di Kota Langsa, memiliki komitmen tinggi dalam ikhtiar memajukan dunia pendidikan kususnya pendidikan anak usia dini (PAUD). Terbukti, komitmen saya itu telah mengantarkan saya sebagai Guru Berprestasi Provinsi Aceh. Saat ini saya mengajar di TK N Meurandeh Kecamatan Langsa Lama Kota Langsa. Selain rutinitas mengajar di sekolah, saya juga getol melakukan berbagai penelitian di bidang PAUD baik dalam bentuk best practice, karya ilmiah, penelitian tindakan kelas dan lain-lain.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.1 Model 4 F

18 November 2022   12:10 Diperbarui: 18 November 2022   12:22 4204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bagi seorang guru, menulis jurnal refleksi merupakan salah satu elemen kunci dalam proses pengembangan keprofesian. Refleksi dapat memacu guru untuk melakukan upaya koneksasi antara teori dan praktik. Menulis jurnal refleksi secara rutin juga bisa menjadi ruang bagi guru untuk merenungkan kembali praktik baik (best practice) yang sudah dilakukan sekaligus dapat meningkatkan kualitas serta mampu mengambil langkah-langkah selanjutnya dalam meningkatkan kualitas praktik baik.

Pada refleksi kali ini saya menggunakan model 4 F. Yakni, facts , feelings, findings, dan future yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway.

Facts (peristiwa)

Pembelajaran pada modul 2.1 diawali dengan tes awal paket modul 2 yakni Senin tanggal 28 November 2022 pada LMS (learning manejemen system). Pembelajaran masih menggunakan alur "MERDEKA" (mulai dari diri, eksplorasi konsep, ruang kolabolasi, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi, dan aksi nyata). Pada modul 2. 1 ini pembelajaran dimulai dari kegiatan mulai dari diri. Lalu dilanjutkan dengan eksplorasi konsep modul 2.1 tentang materi memenuhi kebutuhan belajar murid melalui pembelajaran berdiferensiasi.

Sebagaimana telah dilewati sebelumnya, pada Sabtu 29 Oktober 2022 calon guru penggerak (CGP) dilibatkan dalam forum diskusi eksplorasi konsep yang kemudian diminta mengunggah tugas eksplorasi konsep di LMS. Pada Minggu 30 Oktober 2022 merupakan akhir kegiatan di eksplorasi konsep. Calon guru penggerak diminta menyimpulkan pemahaman tentang pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan diagram frayer yang kemudian diunggah ke LMS.

Pada Rabu 2 November 2022 saya bergabung di ruang kolaborasi bersama instruktur, yaitu Bapak Asrul Karim dan sesama CGP Angkatan 6 (enam) Kota Langsa. Tugasnya adalah mengamati dan analisa sekenario pembelajaran dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi. Setelah itu bersama kelompok membuat bahan presentasi untuk kegiatan ruang kolaborasi 2.

Pada Kamis 3 November 2022 kembali bergabung di ruang kolaborasi 2. Bersama kelompok dan fasilitator melakukan presentasi  berikut tanya jawab. Hasil dari ruang kolaborasi kelompok lalu di unggah dalam LMS.

Masih di hari yang sama, yakni Kamis 3 November 2022, tugasnya adalah demonstrasi kontekstual. Yakni, membuat Rencana Program Pembelajaran (RPP) berdiferensiasi dan mengunggahnya ke dalam LMS. Tak hanya itu, tugas lainnya adalah memberikan kritik, saran dan tanggapan terkait RPP berdiferensiasi yang dibuat oleh rekan CGP lainnya.

Selang beberapa hari berikutnya, yakni Rabu 9 November 2022 bergabung dalam ruang elaborasi pemahaman bersama Ibu Afriyani selaku instruktur dengan didampingi oleh fasilitator, pengajar praktik, dan rekan CGP lainnya. Kegiatan yang dilakukan adalah menyimak pemaparan instruktur, tanya jawab, dan memperdalam materi pembelajaran berdiferensiasi

Tugas berikutnya pada Kamis 10 November 2022 adalah membuat video yang memuat tentang koneksi antar materi; keterkaitan modul 2.1 pembelajaran berdiferensiasi dengan modul 1.1 filosofi Ki Hajar Dewantara, modul 1.2 nilai dan peran guru penggerak, modul 1.3 visi guru penggerak, dan modul 1.4 budaya positif.

Adapun kegiatan akhir modul 2.1 adalah membuat Rencana Tindakan Aksi Nyata (RTA) tentang pembelajaran berdiferensiasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun