Mohon tunggu...
Istia Puji Rahayu
Istia Puji Rahayu Mohon Tunggu... Guru - Guru

Selain dalam dunia pendidikan, juga memiliki ketertarikan terhadap konten gaya hidup, olahraga, dan kecantikan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Media Pembelajaran Elektronik "Quizlet" dalam Pengajaran Kosakata

2 Desember 2022   22:50 Diperbarui: 2 Desember 2022   22:59 352
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Flashcard dalam aplikasi Quizlet. Dokpri

Bahasa memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan bahasa yang baik memudahkan komunikasi dengan orang lain. Dengan kata lain, penguasaan bahasa sangat penting, terutama bahasa Inggris, karena bahasa ini adalah bahasa internasional, artinya memiliki pengetahuan bahasa Inggris yang baik akan memudahkan komunikasi dengan masyarakat internasional. Alqahtani (2015:21) mengatakan bahwa faktor yang sangat penting yang harus dikuasai seseorang dalam mempelajari suatu bahasa adalah kosa kata (vocabulary).1

Untuk mempersiapkan masyarakat Indonesia menghadapi persaingan global yang semakin ketat, salah satu upaya adalah dengan memperkenalkan pendidikan bahasa Inggris di Indonesia mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Hal ini dilakukan agar peserta didik lebih terbiasa mengolah bahasa asing. Harapan utamanya adalah peserta didik dapat meningkatkan kemampuan mereka untuk berkomunikasi dalam bahasa tersebut. Dengan keterampilan yang baik, seseorang mampu berinteraksi dengan baik dengan dunia internasional.

Upaya lain untuk membantu peserta didik belajar bahasa Inggris adalah guru diharapkan mengetahui bagaimana menggunakan metode yang efektif dalam proses belajar mengajar. Melalui metode pembelajaran yang menyenangkan, guru dapat membantu peserta didik memahami pelajaran dengan lebih mudah. Oleh karena itu, dengan menggunakan metode pengajaran bahasa Inggris yang tepat dan menarik akan sangat membantu meningkatkan semangat mereka untuk mengikuti pembelajaran.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan menggunakan media pembelajaran kosakata yang menarik. Di era yang serba digital seperti sekarang ini, media pembelajaran elektronik akan sangat membantu dan membuat pembelajaran lebih menarik. Ada banyak aplikasi media elektronik yang dapat diterapkan salah satunya yaitu aplikasi Quizlet. Quizlet dapat diakses dengan mudah di berbagai perangkat elektronik seperti komputer atau telepon genggam. Aplikasi ini menawarkan Flashcard elektronik yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. Tidak hanya sekedar Flashcard, aplikasi ini juga menawarkan beberapa menu lainnya.

"Test" dalam aplikasi Quizlet. Dokpri

Quizlet menyediakan alat pembelajaran, tidak hanya "Flashcards" untuk peserta didik, tetapi juga terdapat menu "Learn" memungkinkan peserta didik untuk mengendalikan pembelajaran mereka untuk membiasakan mereka dengan fitur ini dalam bentuk pilihan ganda, kemudian menu "Test" memang dirancang untuk tujuan pengujian yang terdapat soal-soal dalam bentuk esai, pilihan ganda, pencocokan dan benar atau salah dan alat seperti permainan dalam menu "Match" memungkinkan peserta didik untuk mencocokkan istilah dan definisi yang tersebar di sekitar layar. 

Quizlet juga menyediakan fasilitas audio-visual.  Peserta didik dapat mendengarkan pengucapan kata-kata yang pada saat yang sama memperhatikan gambar ketika flashcards dimainkan.

Menu
Menu "Match" dalam aplikasi Quizlet. Dokpri

Aplikasi Quizlet juga dapat dengan mudah untuk digunakan oleh guru. Penulis percaya bahwa guru dapat dengan mudah menguasai penggunaan aplikasi tersebut sebagai media pembelajaran bagi peserta didiknya. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat guru lakukan dalam menggunakan aplikasi Quizlet:

a) Unduh dan instal Aplikasi Quizlet di halaman Playstore di Android atau halaman Appstore di IOS pada smartphone. Dapat juga melalui web Quizlet.com pada komputer atau laptop. 

b) Mulai dengan membuat akun. Dalam membuat akun, guru dan peserta didik dapat login menggunakan akun Gmail atau Facebook yang sesuai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun