Mohon tunggu...
Isson Khairul
Isson Khairul Mohon Tunggu... Jurnalis - research | media monitoring | content creator | video journalist | corporate communication

Saya memulai hidup ini dengan menulis puisi dan cerita pendek, kemudian jadi wartawan, jadi pengelola media massa, jadi creative writer untuk biro iklan, jadi konsultan media massa, dan jadi pengelola data center untuk riset berbasis media massa. Saya akan terus bekerja dan berkarya dengan sesungguh hati, sampai helaan nafas terakhir. Karena menurut saya, dengan bekerja, harga diri saya terjaga, saya bisa berbagi dengan orang lain, dan semua itu membuat hidup ini jadi terasa lebih berarti.

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Smackdown Mahasiswa, Momentum Perkuat Polisi Humanis

16 Oktober 2021   18:52 Diperbarui: 16 Oktober 2021   19:19 138 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto (tiga dari kanan) saat menemui  FA (kiri), yang didampingi oleh orangtuanya. Foto: Dok. Polda Banten

Brigadir Polisi berinisial NP, men-smackdown mahasiswa UIN Maulana Hasanudin berinisial FA, pada Rabu, 13 Oktober 2021. Polisi dari Polres Kota Tangerang tersebut, memiting leher sang mahasiswa, kemudian membanting tubuhnya ke trotoar. 

Hari Rabu itu juga, NP dan Kapolres Kota Tangerang Kombes Wahyu Sri Bintoro, serta  Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho langsung minta maaf kepada FA dan orangtua FA. Apa maknanya peristiwa tersebut?

Melanggar SOP dan Ditindak Tegas

NP dan Kapolres Kota Tangerang, serta  Kapolda Banten secara langsung menunjukkan itikad baik, dengan mengakui bahwa telah terjadi kesalahan di lapangan. Meski yang bertindak di lapangan adalah Brigadir Polisi berinisial NP, tapi Kapolres Kota Tangerang sebagai atasan langsung NP serta Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto selaku pimpinan tertinggi Polisi di Provinsi Banten, juga meminta maaf secara langsung kepada FA dan orangtua FA.

NP kemudian memeluk FA serta mencium tangan orangtua FA, dalam permintaan maaf tersebut. Di kesempatan itu, NP secara ksatria mengakui kesalahannya, meminta maaf, serta siap mempertanggungjawabkan tindakan yang telah ia perbuat. FA menerima permintaan maaf NP. Namun, FA menegaskan, dia tak akan melupakan kejadian tersebut.   

Pada Rabu itu juga, FA langsung dibawa ke Rumah Sakit (RS) Harapan Mulia Tangerang untuk menjalani pemeriksaan medis. Dari hasil rontgen, kondisi FA baik dan tidak ada fraktur atau keretakan. Karena FA mengidap penyakit bawaan, Kapolres Kota Tangerang beserta keluarga FA, sepakat membawa FA ke Rumah Sakit Ciputra Tangerang, untuk pemeriksaan medis secara menyeluruh.

Brigadir Polisi berinisial NP (kedua dari kiri) minta maaf. FA (kedua dari kanan) menerima permintaan maaf NP. Foto: Dok. Polda Banten
Brigadir Polisi berinisial NP (kedua dari kiri) minta maaf. FA (kedua dari kanan) menerima permintaan maaf NP. Foto: Dok. Polda Banten

Pada Sabtu 16 Oktober 2021 ini, Bupati Tangerang, Ahmad Zaki Iskandar, mengadakan konferensi pers di RS Ciputra Tangerang. Ia menyampaikan kepada awak media, bahwa FA sudah dibolehkan pulang dari Rumah Sakit Ciputra Tangerang. Setelah menjalani rawat inap dan pemeriksaan secara menyeluruh, FA dinyatakan sehat. Turut hadir dalam konferensi pers tersebut: FA dan keluarga, Kapolres Tangerang, Dandim Tangerang, dan dokter RS Ciputra.

Sementara itu, Brigadir Polisi berinisial NP tersebut, juga dalam proses pemeriksaan. Dalam hal ini, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto  menugaskan Polda Banten untuk menangani. 

Bukan ditangani Polres Kota Tangerang. Meski pemeriksaan masih berlangsung, Kapolda Banten sudah menyatakan bahwa Brigadir Polisi berinisial NP telah menyalahi aturan tentang standar operasional prosedur (SOP) dalam pelaksanaan pengamanan aksi unjuk rasa dan akan ditindak tegas.

Unjuk rasa yang dimaksud adalah unjuk rasa di Kompleks Pemerintah Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, pada Rabu, 13 Oktober 2021. Unjuk rasa itu dilakukan oleh aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Kabupaten Tangerang, bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-389 Kabupaten Tangerang, Banten.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Keamanan Selengkapnya
Lihat Keamanan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan