Mohon tunggu...
Isson Khairul
Isson Khairul Mohon Tunggu... Jurnalis - Journalist | Video Journalist | Content Creator | Content Research | Corporate Communication | Media Monitoring

Kanal #Reportase #Feature #Opini saya: http://www.kompasiana.com/issonkhairul dan https://www.kompasiana.com/issonkhairul4358 Kanal #Fiksi #Puisi #Cerpen saya: http://www.kompasiana.com/issonkhairul-fiction Profil Profesional saya: https://id.linkedin.com/pub/isson-khairul/6b/288/3b1 Social Media saya: https://www.facebook.com/issonkhairul, https://twitter.com/issonisson, Instagram isson_khairul Silakan kontak saya di: dailyquest.data@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Spirit Dua Wanita Jasa Marga di Tol Jagorawi

1 November 2020   18:01 Diperbarui: 1 November 2020   18:06 546
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dari kiri ke kanan: Irra Susiyanti, Marketing & Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad dan Oemi Vierta Moerdika, General Manager Representative Office 1. Cepat tanggap menyikapi kebutuhan konsumen pengguna jalan tol Jagorawi. Foto: didik wiratno

Ini sedang long weekend. Saya dan dua wanita Jasa Marga itu, bertemu selepas Jumat (30/10/2020) lalu. Bukan di rest area, tapi di KM 23-200 tol Jagorawi, dari arah Jakarta menuju Bogor. Bukan pula di ruang ber-AC, tapi di tepi jalan tol, di bawah siraman matahari siang bolong. Ada apa gerangan?

Demi Keselamatan Pengendara

Pertemuan tersebut adalah pertemuan keselamatan. Tujuannya, agar pengendara yang melintasi tol Jagorawi senantiasa waspada, supaya selamat tiba di tempat tujuan. Maklum, pada libur panjang dan cuti bersama 27 Oktober hingga 01 November 2020 ini, jumlah kendaraan yang melintasi tol Jagorawi, meningkat tajam.

Pada tiga hari pertama saja, 27-29 Oktober 2020, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta dan keluar melalui gerbang tol GT Ciawi 1 Jalan Tol Jagorawi, sudah mencapai 113.283 kendaraan. Artinya, naik 27,6 persen, dibandingkan dengan kondisi lalu-lintas di era new normal. Kewaspadaan tentu harus ditingkatkan.

Bukan hanya pada pengendara, tapi juga pada pengelola jalan tol Jagorawi, dalam hal ini PT Jasa Marga. Dua wanita penuh spirit yang saya temui di KM 23-200 itu ya dari Jasa Marga. Pertama, Oemi Vierta Moerdika, General Manager Representative Office 1, Jasamarga Metropolitan Tollroad. Kedua, Irra Susiyanti, Marketing & Communication Department Head.

Kepadatan jalan tol Jagorawi pada Jumat (30/10/2020) siang. Menurut Oemi Vierta Moerdika, truk-truk dengan muatan yang melebihi tonase, menjadi salah satu penyebab cepatnya kerusakan jalan tol. Foto: joko dolok
Kepadatan jalan tol Jagorawi pada Jumat (30/10/2020) siang. Menurut Oemi Vierta Moerdika, truk-truk dengan muatan yang melebihi tonase, menjadi salah satu penyebab cepatnya kerusakan jalan tol. Foto: joko dolok
Dalam konteks keselamatan pengendara, Oemi Vierta Moerdika menuturkan, secara periodik petugas Jasa Marga melakukan inspeksi di sepanjang ruas jalan tol. Dalam hal ini, Tol Jagorawi arah Jakarta-Ciawi dan sebaliknya. Salah satu komponen yang diinspeksi adalah kondisi kelayakan jalan. Misalnya, apakah ada aspal yang terkelupas dan apakah ada badan jalan yang rusak.

"Ketika ditemukan ada badan jalan yang rusak, kami segera memperbaikinya. Salah satunya, menambal kerusakan itu dengan aspal hotmix. Itu perbaikan sementara, yang selanjutnya akan kami lakukan perbaikan permanen," ujar Oemi Vierta Moerdika, yang siang itu mengenakan masker, sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Irra Susiyanti selaku Marketing & Communication Department Head menambahkan, jika ditotal, ada sekitar 6 kilometer jalan tol Jagorawi di sejumlah titik yang rusak, yang sudah diperbaiki. "Musuh utama beton adalah air," tukas Irra Susiyanti. Artinya, di musim hujan ini, potensi kerusakan jalan tol di titik-titik tertentu, tak bisa dihindari. Inspeksi periodik petugas Jasa Marga adalah salah satu cara untuk mengantisipasinya.

Demi Melayani Pengendara

Nah, kenapa saya bertemu dengan Oemi Vierta Moerdika dan Irra Susiyanti di KM 23-200 tol Jagorawi? Kita tahu, Jasa Marga adalah perusahaan pengelola jalan tol Jagorawi. Dalam hal ini, Jasa Marga merupakan penyedia jasa jalan dan saya, mungkin juga Anda, adalah pengguna atau konsumen jalan tersebut. Kita membayar sesuai tarif sebagai kewajiban konsumen dan Jasa Marga melayani kita sebagai kewajiban penyedia jasa jalan.

Kendaraan kami terperosok ke dalam lubang di tol Jagorawi. Sejumlah bagian kendaraan rusak dan kendaraan kami sudah tidak layak jalan. Kami menghubungi pihak Jasa Marga, kemudian mobil kami diderek ke bengkel Suzuki di Jalan Pajajaran, Bogor, Jawa Barat. Foto: isson khairul
Kendaraan kami terperosok ke dalam lubang di tol Jagorawi. Sejumlah bagian kendaraan rusak dan kendaraan kami sudah tidak layak jalan. Kami menghubungi pihak Jasa Marga, kemudian mobil kami diderek ke bengkel Suzuki di Jalan Pajajaran, Bogor, Jawa Barat. Foto: isson khairul
Pada Kamis (29/10/2020), saya dan beberapa rekan memasuki jalan tol Jagorawi melalui gerbang tol Kampung Rambutan menuju arah Bogor. Gerbang tol itu berada di wilayah Jakarta Timur, tak berapa jauh dari Terminal Bis Kampung Rambutan. Hari masih pagi dan kondisi lalu-lintas di jalan tol tidak begitu padat. Laju kendaraan kami sekitar 70-80 kilometer per jam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun