Menurut al-Ghazali  pendidikan adalah proses memanusiakan manusia sejak masa kejadiannya sampai akhir hayatnya melalui berbagai ilmu pengetahuan yang disampaikan dalam bentuk pengajaran secara bertahap, dimana proses pengajaran itu menjadi tanggung jawab oang tua, masyarakat menuju pendekatan diri menjadi manusia sempurna.
Menurut pandangan islam mengenai hak anak dalam mendapat pendidikan, sebetulnya terkait erat dengan tanggung jawab orang tua terhadap anaknya, orang tua khususnya ibu wajib berkewajiban memberikan perhatian kepada anak dan dituntut untuk tidak lalai dalam mendidiknya. Dalam mendidik anak, ibu diharapkan memberikan pengetahuan tentang keyakinan suatu agama sebagai pedoman hidup.
Seorang ibu juga harus menjadi model yang baik dan utama pada anak karena keteladanan merupakan pondasi dan pintu pertama. Peran ibu sangat penting karena ibu adalah madarasah pertama bagi anak. Penerapan metode pendidikan yang diterapkan oleh orang tua khususnya ibu sangat berpengaruh dalam mendidik kepribadian anak, apalagi di era pandemi covid 19 ini orang tua harus mendapingi anak dalam belajar di rumah. Penerapan metode pendidikan yang tepat di usia dini mampu sebagai bekal anak agar terhidar dari perilaku yang menyimpang.
Para ahli pendidikan islam Abdullah Nashih Ulwan ( Noer, 1999: 117-205), telah mengemukakan metode-metode  Pendidikan dalam islam, yaitu sebagai berikut:
Metode keteladanan
Pendidikan dengan teladan berarti pendidikan dengan memberi contoh, baik berupa tingkah laku, sifat, cara berfikir dan sebagainya. Banyak ahli pendidikan yang berpendapat bahwa pendidikan dengan teladan merupakan metode yang paling berhasil.
Anjuran bagi pendidik agar memberikan teladan yang baik bagaimana FIrman Allah Swt dalam surah Al-Ahzab/33 ayat 21. Ibu sejatinya adalah pendidik utama dan pertama dapat menjadikan dirinya sebagai contoh yang terbaik untuk anak-anaknya. Orang tua dapat memberi tauladan melalaui hal --hal yang baik seperti cara berbicara, berprilaku, beribadah, beramal, bekerja, hubungan social dengan orang lain.
Metode Pembiasaan
Pembiasaan  merupakan salah satu metode pendidikan yang sangat penting terutama bagi anak-anak. Menurut MD Dahlan dalam Noer (2003:154) pembiasaan merupakan proses penanaman kebiasaan-kebiasaan. Pembiasaan yang baik perlu ditanamkan pada anak-anak sejak dini. Anak-anak harus di biasakan sejak kecil dengan kebiasaan yang baik.
Pada dasarnya anak- aank belum mengerti dan memahami mana yang baik dan buruk dan anak-anak  dengan mudah melupakan hal-hal yang baik yang baru saja mereka lakukan. Dalam kondisi ini mereka pelu dibiasakan dengan tingkah laku dan keterampilan, kecakapan dan pola piker tertentu. Anak perlu dibiasakan melakukan hal-hal yang baik secara teratur, shalat, mengaji,, berkata dan berperilaku santun, bekerja, belajar, membaca, mandi, makan dan tidur secara teratur dan semestinya.
Metode Nasehat