Mohon tunggu...
Isna Oksa
Isna Oksa Mohon Tunggu... Isna oksa rizqia a1b218034

Mahasiswi universitas jambi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Dampak Positif dari Pembelajaran Online di Masa Pandemi

28 Februari 2021   09:50 Diperbarui: 28 Februari 2021   09:59 53 0 0 Mohon Tunggu...

Tidak terasa telah lama wabah covid 19 menyerang bumi kita tercinta. Seluruh aktivitas sekarang sangat terbatas, dikarenakan kita harus berjuang terus menjalani kehidupan seperti biasa walaupun harus berdampingan dengan covid 19. Dokter-dokter dan seluruh tenaga kesehatan diseluruh dunia kini sedang berjuang untuk mendapatkan vaksin maupun solusi untuk melawan covid 19. Kini dimasa pandemi kita harus selalu menerapkan protokol kesehatan, menjaga imun tubuh dan juga seminim mungkin melakukan aktivitas diluar ruangan jika tidak terlalu penting. 

Nah karena hal tersebut, kini para generasi penerus bangsa yang sedang menimbah ilmu untuk masa depan pun pendidikan nya harus dilakukan dirumah masing-masing atau dengan kata lain sekarang dikenal dengan istilah online class. Walaupun sulit melakukan pembelajaran dari rumah dikarenakan banyak nya ditemui kendala jaringan dan lain-lain namun pembelajaran online dimasa pandemi ini juga terdapat sisi positif nya. Berikut saya akan membahasnya.

Dampak positif pertama dari pembelajaran online dimasa pandemi ini adalah kita memiliki banyak waktu bersama keluarga. Disini maksudnya kita walaupun sedang menimbah ilmu kita juga tetap berada dilingkungan keluarga kita. Karena pembelajaran online ini kita hanya berada dirumah agar terhindar dari covid 19 dan juga tetap melaksanakan kewajiban dalam pembelajaran. Kemudian yang kedua metode atau pun cara pembelajaran kita akan semakin bervariasi. 

Disini pastinya kita akan spontan mengeksplor metode bagaimana sih yang akan kita gunakan dalam pembelajaran online ini agar hasilnya tetap maksimal walaupun tidak dilakukan tatap muka. Metode pembelajaran yang kita gunakan pun bisa nerbagai macam tidak hanya satu macam saja. Kemudian agar tetap efektif kita juga harus selalu tekun dan fokus saat pembelajaran online dan terus mencatat poin-poin penting dan tugas-tugas yang dimintai oleh guru, dosen dan lain-lain.

Selanjutnya dampak positif yang ketiga adalah pembelajaran kini menjadi lebih fleksibel. Disini artinya pembelajaran online ini memberikan berkah atau pun kemudahan untuk kita melaksanakan kegiatan belajar mengajar dimana pun kita berada. Disini juga membuat kita mudah dalam melakukan aktivitas sembari menimbah ilmu dimasa pandemi. Jadi pembelajaran yang kita lakukan akan terus berjalan dalam kondisi apapun dan dimanapun teman ataupun guru kita berada diseluruh dunia. 

Dampak ke empat adalah kita menjadi melek akan teknologi, disini kita pastinya akan mencari-cari sumber pembelajaran online yang efektif untuk mendukung pembelajaran kita. Disini kita pun akan semakin mempelajari teknologi dan juga aplikasi-aplikasi yang kita gunakan untuk pembelajaran. Tanpa sadar dari sinilah kita akan mendapatkan kemajuan dalam menguasai teknologi.

Dampak positif dari pembelajaran online dimasa pandemi yang terakhir dan paling penting menurut saya adalah kita dapat mencegah penularan virus covid 19. Dengan adanya pembelajaran online ini kita tetap bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar walaupun tidak bertemu satu sama lain. Nah disini memungkinkan penyebaran dari virus covid 19 tentunya tidak akan semakin menyebar luas, karena kita melalukan kegiatan belajar mengajar tidak secara langsung dengan bertemu dikelas, namun disini kita cukup berada dirumah masing-masing dan menggunakan gadget atau pun komputer kita untuk mengikuti pembelajaran. 

Disini pasti nya kita tidak menyebabkan kerumunan dan mencegah penularan virus covid 19 terus meningkat. Nah begitulah beberapa kemudahan atau bisa kita sebut sebagai dampak positif yang ada dalam kegiatan pembelajaran online yang kita laksanakan dimasa pandemi ini.

Dimasa pandemi ini, saat wabah covid 19 sedang merajalela kita harus terus berusaha melakukan kegiatan kita seperti biasa walaupun terhalang dan juga berdampingan dengan covid 19. Walaupun bumi kita sedang mengalami musibah, kita juga diberi dampak positif nya. Seperti hal nya dampak positif dari pembelajaran online ini seperti waktu bersama keluarga kita menjadi lebih luang, membuat kita semakin melek teknologi, 

pembelajaran dan juga mencari ilmu bisa kita lakukan dimanapun dan kapan pun, kemudian memaksa kita untuk makin mengembangkan potensi diri dengan mengeksplor metode-metode baru dalam pembelajaran agar kita semakin maju,dan yang paling penting kita tetap menjaga diri dan juga keluarga serta masyarakat dari penyebaran virus covid 19 yang bisa saja terjadi jika kita terus berkerumunan bersama orang-orang dari luar dan daerah yang berbeda-beda. Saya rasa sekian yang dapat saya sampaikan tentang dampak positif yang saya rasakan selama adanya pembelajaran online dimasa pandemi ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x