Mohon tunggu...
Isnaini Amin Dakamoli
Isnaini Amin Dakamoli Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Kupang.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Potensi Komoditas Lokal

7 Maret 2021   00:53 Diperbarui: 7 Maret 2021   01:48 25 0 0 Mohon Tunggu...

Hidup berdampingan dengan alam memang memberikan banyak manfaat. Kebiasaan memanfaatkan komoditas lokal dari alam dan sekitar rumah sudah dilakukan secara turun temurun. Salah satu komoditas lokal yang sering digunakan yaitu rumput laut, Mendengar kata rumput laut rasanya sudah tidak asing lagi, komoditas lokal yang satu ini mempunyai segudang manfaat yang dijadikan bahan dalam bidang makanan, kesehatan, hingga kecantikan.

Rumput laut merupakan salah satu sumber daya hayati yang terdapat di wilayah pesisir dan laut. Rumput laut berbeda dengan tanaman pada umumnya, rumput laut tidak memiliki batang, akar, dan daun. Jenisnya pun beragam, mulai dari yang berbentuk bulat, pipih, tabung, atau dahan bercabang-cabang. Rumput laut mempunyai kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Secara kimia, rumput laut mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, serat kasar, dan abu. Sedangkan secara nutrisi, rumput laut mengandung protein, lemak, asam nukleat, asam amino, dan vitamin (A,B,C,D,E,K). Dengan segudang manfaat yang ada, banyak perusahaan memanfaatkan kesempatan ini, dengan memproduksi rumput laut dalam bentuk makanan dan dalam bahan untuk kecantikan. Dalam bidang kesehatan rumput laut berguna untuk membantu mempertahankan atau menurunkan berat badan, menjaga kekuatan tulang dan gigi, mengurangi resiko diabetes, dan masih banyak manfaat lainnya. Sedangkan dalam bidang kecantikan, rumput laut ditemukan bermanfaat untuk mengatasi masalah di kulit, diantaranya untuk mengatur produksi minyak, mencerahkan, melembapkan kulit kering, dan mengatasi kulit kusam. Menjaga kesehatan, melakukan perawatan diri dan kecantikan sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat saat ini.

Indonesia yang merupakan salah satu Negara dengan wilayah perairan terbesar, rumput laut yang sejak dulu selalu menjadi andalan dalam setiap kesempatan sektor perikanan melakukan kegiatan ekspor, tak heran produksi rumput laut didorong untuk melaksanakan produksi dengan baik dan melaksanakan kegiatan ekspor. Selain itu, rumput laut yang hampir mempunyai lebih dari 500 jenis rumput laut, beberapa diantaranya mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi, jadi sangat cocok, untuk program memberdayakan rumput laut di Indonesia. Budidaya rumput laut merupakan program pemberdayaan masyarakat yang dapat melibatkan hampir seluruh lapisan masyarakat, dari anak-anak sampai lanjut usia. Sebagai Negara berkembang yang cukup padat penduduknya dengan keterbatasan lapangan pekerjaan, terutama untuk masyarakat di pesisir pantai, apalagi ditengah wabah pandemi Covid-19, dengan memproduksi rumput laut bisa membuka lapangan pekerjaan yang langsung menyentuh kehidupan masyarakat pesisir, dan juga memberdayakan rumput laut sejalan dengan kebijakan pemerintah yang mendorong kesempatan kerja, pertumbuhan ekonomi, dan masyarakat sejahtera. Dengan memanfaatkan komoditas lokal yang ada maka bisa mensejahterakan masyarakat dan pelestarian lingkungan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x