Mohon tunggu...
isnaini hidayatunmuharromah
isnaini hidayatunmuharromah Mohon Tunggu... Kumpulan Tulisan Pribadi

Amar Ma'ruf Nahi Munkar Man jadda wa jadda

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Tingkatkan Imun Tubuh dengan Tanaman Obat Keluarga dalam Pencegahan Covid-19

24 November 2020   08:30 Diperbarui: 24 November 2020   08:32 18 0 0 Mohon Tunggu...

Sistem imun adalah suatu mekanisme yang digunakan tubuh untuk melindungi dan mempertahankan keutuhan dan kekuatan tubuh dari bahaya virus yang menyerang tubuh. Oleh karena itu, sistem imun merupakan garda terdepan saat tubuh dimasuki kuman atau bakteri penyebab penyakit. Sehingga ketika imun lemah, tubuh akan lebih mudah terinfeksi bakteri dan jatuh sakit. Itulah alasannya, mengapa sistem imun harus selalu dijaga dengan baik. Terlebih lagi di masa pandemi virus corona seperti saat ini. 

Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Termasuk menerapkan pola hidup sehat, menghindari stres, hingga mengonsumsi suplemen agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga. Selain itu, terdapat tanaman obat yang efisien dan efektif untuk kita budidayakan saat pandemi seperti saat ini yaitu Tanaman Obat Keluarga (TOGA).  Tanaman Obat Keluarga (TOGA) merupakan jenis tanaman berkhasiat yang ditanam di lahan pekarangan rumah dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan tradisional yang dapat dibuat sendiri dan dikelola sendiri oleh keluarga. 

Begitu juga dengan khasiatnya yang tak pernah diragukan lagi, karena tanaman obat keluarga (TOGA) sudah menjadi warisan budaya bangsa yang sifatnya turun temurun. TOGA merupakan Tanaman obat tradisional digunakan dan dilaporkan secara empirik oleh masyarakat yang bermanfaat meningkatkan kesehatan dan pengobatan berbagai penyakit.

Dalam hal ini, peningkatan penggunaan obat-obatan herbal di dunia khususnya Indonesia semakin meningkat. Akan tetapi berbanding terbalik dengan kesadaran masyarakat untuk mengusahakan sendiri obat-obatan berbahan herbal. Obat-obatan berbahan herbal ini sebenarnya dapat dengan mudah ditemukan di sekitar lingkungan keluarga. Tanaman obat ini bisa ditanam dan diberdayakan oleh setiap keluarga melalui penanaman tanaman obat keluarga di pekarangan rumah. Tanaman obat keluarga (TOGA) menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk ditanam di lahan pekarangan rumah, dengan pertimbangan karena bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Tanaman obat bisa dijadikan obat yang aman, tidak mengandung bahan kimia, ekonomis dan juga mudah didapat. 

Berikut merupakan beberapa jenis tanaman obat keluarga yang bisa menjadi referensi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan serta bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh:

Mengkudu 

Mengkudu merupakan tanaman populer yang berkhasiat sejak dahulu. Mengkudu memiliki kandungan vitamin C yang cukup dan vitamin ini deketahui bisa melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan antikosidan didalamnya bisa meningkatkan kekebalan tubuh kita sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi 11 ons atau 330 ml mengkudu setiap harinya bisa memiliki peningkatan aktivitas kekebalan tubuh serta mengalami stres yang lebih rendah. 

Cara penyajian mengkudu bisa digunakan sebagai jus atau jamu dengan mencampur dengan madu. 

Jahe 

Tanaman ini cukup terkenal di kalangan masyarakat akan khasiatnya yang ampuh dan menghangatkan tubuh disaat cuaca dingin sebagai minuman popular. Senyawa aktif gingerol yang terdapat dalam jahe bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sakit perut, mual, pusing serta nyeri sendi seperti osteoarthritis dan rematik. Selain itu, jahe bisa meningkatkan kekebalan tubuh sebagai penghindaran dan pencegahan Covid-19 saat ini yang sedang menjadi wabah di dunia. Cara penyajian jahe ini bisa dimasak sebaga wedang jahe dengan dicampur bahan lainnya.

Kunyit

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN