Mohon tunggu...
Dian Farida Ismyama
Dian Farida Ismyama Mohon Tunggu... Apoteker - Ibu 3 anak, Pharmacist, Parenting and Lifestyle Blogger

Ibu 2 anak, Pharmacist, Parenting and Lifestyle Blogger di www.ismyama.com

Selanjutnya

Tutup

Games Pilihan

Turut Bangga, GotGame.id Games from Indonesia Tampil di Tokyo Game Show 2022!

15 September 2022   20:31 Diperbarui: 15 September 2022   20:36 154 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber foto: Instagram kemenparekraf.ri

Berdasarkan data dari Indonesia eSports Assocation (IESPA) jumlah gamers di Indonesia mencapai 60 juta player. Angka tersebut mengalahkan jumlah penduduk Singapura pada tahun 2022 yaitu sebanyak 5.950.202 jiwa saja. Oleh karena itu, industri game di Indonesia tumbuh semakin besar, mengikuti demand yang ada.

Meskipun game kadang dipandang sebelah mata, faktanya game lokal dan para player kerap berprestasi baik dikancah nasional maupun internasional. Salah satunya adalah partisipasi 10 (sepuluh) industri game pada Tokyo Game Show (TGS) 2022. 

Apakah Tokyo Games Show Itu?

TGS adalah salah satu event pameran dagang serta eksibisi game terkemuka di dunia. TGS kerap menjadi panutan bagi penyelenggaraan event serupa di  negara lain dan konten di dalamnya sering menjadi tolak ukur perkembangan industri game global. TGS 2022 adalah merupakan TGS yang ke-27.

TGS berlangsung mulai hari ini, 15 September 2022 hingga 18 September mendatang di Makuhari Messe, Chiba, Jepang. TGS 2022 kurang lebih akan dihadiri oleh 31.605 eksibitor dari Jepang dan seluruh dunia, serta menghadirkan sekitar 1.883 booth eksibisi. Indonesia sendiri sudah turut serta dalam TGS sebanyak empat kali. Bila tahun lalu Indonesia hanya mengikuti TGS secara daring, maka partisipasi secara luring kali ini terasa sangat membanggakan.

Sebagai informasi, kesepuluh industri game berhasil mengikuti TGS 2022 setelah lolos dari rangkaian proses open call serta kurasi. Mereka berasal dari berbagai latar belakang seperti game developer, game-related developer, publisher, game services production, dan sebagainya.

Pada TGS 2022, Indonesia membawa branding campaign GotGame.id: Games From Indonesia untuk me-representasikan program pemasaran produk game Indonesia di luar negeri. GotGame.id: Games From Indonesia adalah sebuah platform gabungan dari seluruh stakeholder industri game Indonesia untuk membawa produk game terbaik asal Indonesia ke dunia internasional.

GotGame.id: Games From Indonesia berusaha untuk selalu menampilkan berbagai pilihan produk, servis game dan game-related yang merepresentasikan karya terbaik dari industri game Indonesia. GotGame.id: Games From Indonesia yang mengikuti TGS 2022 yaitu Agate, Big Fire Studio, Devata Games Production, Digital Happiness, GameChanger Studio, IOTA Studio, Megaxus Infotech, Melon Indonesia, Niji Games, dan Vertwo. 

Sepuluh industri game Indonesia tersebut akan maju pada sesi Business Day pada tanggal 15-16 September 2022 di Hall 2F International Conference Hall, Makuhari Messe, Chiba, Jepang. Mereka akan memfokuskan diri untuk memasarkan produk dan mencari peluang bisnis dengan cara menjalin networking dengan partner baru atau investor bisnis yang potensial.

Peran Stakeholder Pada Tokyo Game Show 2022

Para stakeholder industri game Indonesia, seperti Asosiasi Game Indonesia (AGI); Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo); Kementerian Perdagangan, yang diwakili oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional; Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf), dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Osaka serta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, Jepang juga mendukung gelaran TGS 2022. 

Para stakeholder di atas mendukung industri game nasional dalam event TGS 2022 dengan cara memberikan fasilitas berupa penyediaan booth dalam business meeting area TGS 2022, dan akses terhadap TGS 2022 Business Matching System dan Meet2Match -- The Tokyo Edition.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Games Selengkapnya
Lihat Games Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan