Mohon tunggu...
Ismiyanti
Ismiyanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya yaitu berolahraga khususnya dalam cabang olahraga futsal dan petanque

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Upaya Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Pemanfaatan Sosial Media bagi UMKM di Kelurahan Isola

9 Agustus 2022   15:16 Diperbarui: 9 Agustus 2022   15:38 373
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di era zaman sekarang dengan perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin canggih, pemilihan penggunaan aplikasi media sosial terutama untuk pemasaran memalui media sosial menjadi pilihan utama yang dilakukan oleh pelaku usaha, sekarang ini penggunaan media sosial telah menjadi pilar utama dalam penyampaian informasi. Salah satu kelebihan dari penggunaan media sosial adalah memiliki banyak potensi untuk kemajuan suatu usaha. 

Media sosial dalam pandangan Philip Kotler dan Kevin Lane Keller merupakan media yang digunakan oleh konsumen untuk berbagi informasi teks, gambar, suara, dan video baik dengan orang lain maupun perusahaan dan sebaliknya. 

Media sosial mempunyai pengaruh yang sangat besar, yang dapat digunakan untuk melakukan komunikasi dalam bisnis, membantu pemasaran produk dan jasa, berkomunikasi dengan pelanggan dan pemasok, melengkapi merk jualan, mengurangi biaya untuk penjualan online. 

Masyarakat juga dapat lebih cepat menerima informasi lewat internet. Dengan akses yang mudah dan cepat hal ini dimanfaatkan oleh para pegusaha kecil UMKM untuk lebih berani mempromosikan produk-produknya karena jaringan internet sangat luas dan tidak ada batasan waktu dan wilayah sehingga menjadikan media pemasaran yang efektif. 

Dengan pemanfaatan media sosial ini dapat dijadikan sebagai alat untuk mengembangkan dan mengoptimalkan usaha terutama usaha UMKM untuk mempromosikan usaha-usahanya agar dapat meningkatkan perekonomiannya.

Dengan semakin berkembangnya pemanfaatan media sosial yang dapat membantu dalam pemasaran produk jualan para pelaku usaha terutama para UMKM ini, ternayata masih banyak masyarakat yang belum bisa mengikuti perkembangan media sosial tersebut, 

misalnya kita ambil dari kasus hasil survey kami di daerah Kelurahan isola rw 06, rt 03 mayoritas para pelaku UMKM didaerah tersebut belum bisa untuk mengakses media sosial dikarenakan beberapa faktor diantaranya yaitu tidak mengetahui bagaimana caranya untuk mengunakan aplikasi di media sosial, dan tidak mengetahui bagaimana caranya untuk bisa berjualan dimedia sosial tersebut. 

Dengan demikian dari masalah yang dialami para UMKM di Kelurahan Isola rw 06, rt 03 ini tidak bisa mempromosikan daganganya kepada banyak komsumen di media sosial, para UMKM ini hanya bisa mengandalkan konsumen yang berada dilingkungannya sendiri, sehingga pedapatan yang dihasilkan tidak sebesar yang didapatkan seperti para UMKM yang sudah bisa mengakses daganganya di media sosial.

Dengan masalah yang dialami oleh para UMKM di Kelurahan isola rw 06, rt 03 tersebut kami disini, berperan untuk membantu mengatasi permasalahan yang dialaminya, dengan cara mendampingi dan memberikan pengetahuan kepada para UMKM untuk bisa mengakses dan mempergunakan media sosial dengan baik dan benar, 

kemudian memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara berjualan dan mempromosikan dagangan tersebut di media sosial agar para pembeli bisa tertarik sehingga membeli dagangan tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun