Mohon tunggu...
Ismi Rahmatus
Ismi Rahmatus Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Biologi UMM

Hi!!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa PMM UMM Ikut Serta Dalam KBM di TK Dharma Wanita Persatuan 1 Tegalweru

29 September 2022   15:45 Diperbarui: 3 Oktober 2022   08:21 63 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Malang Kompasiana.com- Mahasiswa Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa UMM kelompok 16 Gelombang 8 dengan Dosen Pembimbing Lapang Lourina Evanale Orfa, ST., M.Eng turut serta dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) pada lembaga pendidikan yang ada di desa Tegalweru, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang Jawa Timur. Lembaga pendidikan yang dituju yakni TK Dharma Wanita Persatuan 1 Tegalweru.

"Penetapan lokasi pada TK Dharma Wanita Persatuan 1 Tegalweru ini karena lembaga pendidikan ini sesuai dengan tema dan rancangan kegiatan yang telah kami susun." Kata Elmira Rasyidah, Ketua Kordinator Kelompok PMM 16 UMM (19/9/2022).

Mengusung Tema 'Meningkatkan Potensi dan Menumbuhkan Semangat Belajar dengan Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini' PMM 16 UMM berpartisipasi mengikuti kegiatan dalam bidang Pendidikan dengan ikut serta dalam kegiatan belajar mengajar di TK Dharma Wanita Persatuan 1 Tegalweru.

Pada kegiatan tersebut, 4 mahasiswa UMM yang terdiri atas Elmira Rasyidah selaku koordinator kelompok, Ismi Rahmatus Salisa, Nabila Putri Agustina dan Afra Marsa Syahirah membagi kelompok berpasangan untuk turut serta dalam pendampingan KBM di dua Kelas, Kelompok kelas A dan kelompok Kelas B.

Menurut Elmira' sapaan akrab Elmira Rasyidah', kegiatan KBM berjalan lancar dengan adanya koordinasi yang baik antara pihak mahasiswa dan pihak TK Dharma Wanita Persatuan 1 Tegal Weru. Para siswa umumnya sangat aktif dalam mengikuti kegiatan belajar dan ramah berinteraksi dengan anggota PMM. Sikap hangat guru-guru dan Kepala Sekolah TK Dharma Wanita Persatuan 1 Tegalweru, Ibu Nurul Hidayati, S.Pd juga membuat anggota PMM merasa diterima dalam menjalankan kegiatan.

Selama berjalannya program, selain mengajarkan materi pada siswa banyak pelajaran berharga yang dapat diambil oleh anggota PMM sendiri. Salah satunya, dari Ibu guru TK Dharma Wanita yang sangat luar biasa, anggota PMM belajar bagaimana pengkondisian kelas dan menanggapi berbagai karakter siswa. Tentunya hal ini akan sangat berguna bagi keempat anggota PMM yang berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Ucap syukur diutarakan anggota PMM karena kegiatan ini telah membawa manfaat bagi kedua belah pihak. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan