Mohon tunggu...
Isma Maisarah
Isma Maisarah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Manajemen

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosialisasi dan Edukasi E-Marketplace pada Pelaku UMKM di RW 02 Kelurahan Cilincing Jakarta Utara

19 Agustus 2022   21:56 Diperbarui: 19 Agustus 2022   22:03 133 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pada era digital seperti saat ini memang akan lebih tepat jika para pelaku UMKM sudah mulai menggunakan media digital marketing dalam melakukan promosi, hal ini perlu dilakukan agar para pelaku UMKM mampu bertahan di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. 

Kegiatan KKN ini dilakukan di Kelurahan Cilincing Jakarta Utara dan ada beberapa permasalahan dalam kelurahan tersebut diantaranya sebagian besar pelaku UMKM di daerah tersebut belum memahami mengenai cara melakukan digital marketing, mereka cenderung hanya berjualan secara langsung saja / masih secara konvensional sehingga jumlah konsumen dan profit yang didapatkan tidak maksimal.

Maka dari itu, kelompok 7 KKN Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta mengadakan sosialisasi dan edukasi mengenai e-marketplace untuk UMKM pada tanggal 17 Juli 2022 dengan narasumber bapak Muhammad Ulul Albab, M.A selaku dosen UTA'45 Jakarta. 

Peserta yang ikut serta dalam kegiatan ini berjumlah 21 orang yang terdiri dari stakeholder seperti perwakilan RW 02, ibu-ibu PKK, dan masyarakat sekitar. 

Kegiatan yang dilakukan memberikan dampak positif dan bermanfaat bagi masyarakat RW 02 Kelurahan Cilincing. Para peserta sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti pelatihan. 

dokpri
dokpri

Para pelaku UMKM didampingi oleh mahasiswa KKN UTA'45 Jakarta dalam pelatihan membuat akun untuk berjualan online dengan menggunakan media sosial whatsapp business dan facebook. Para peserta membawa masing-masing produk yang akan mereka jual dan kemudian langsung mengupload foto produk tersebut di akun yang sudah mereka buat sehingga produk mereka sudah siap dijual secara online.

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

Tujuan dari kegiatan ini adalah agar pelaku UMKM dapat memanfaatkan e-marketplace untuk menunjang pemasaran produk mereka serta memperluas jangkauan target pasar melalui digital marketing. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan