Mohon tunggu...
Isma Nuryani
Isma Nuryani Mohon Tunggu... Guru - Guru sekolah dasar di wilayah kabupaten Cilacap

Seorang guru sekaligus Ibu dari dua anak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2 CGP

29 November 2022   23:36 Diperbarui: 29 November 2022   23:43 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

REFLEKSI DWIMINGGUAN

NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

(Isma Nuryani)

Selama saya belajar modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak, ada beberapa kisah yang dapat saya rangkum melalui tulisan ini. Disini saya belajar dimana posisi diri saat ini. Perjalanan menjadi guru penggerak bukan sekedar mendapat gelar dan sertifikat saja. 

Ada proses yang harus saya lalui tanpa ada skenario. Karena pada awalnya saya hanya ikut saja yang menjadi program kemdikbudristek ini. Ternyata, saya dituntun secara perlahan untuk menjadi guru penggerak yang sesungguhnya. Guru yang mempunyai nilai dan peran yang sangat besar maknanya. Tergerak, bergerak dan menggerakan begitulah yang menjadi alur dari pendidikan guru penggerak ini.

Disini saya mendapat banyak pengalaman dan ilmu pengetahuan. Saya dapat belajar bukan hanya dari LMS saja, akan tetapi masukan dari pengajar praktik, bimbingan dari Fasilitator, dan wawasan baru dari instruktur, serta pengalaman yang luar biasa dari teman -- teman CGP yang tentunya sangat bermanfaat untuk saya. 

Bagaimana manusia tergerak, bagaimana manusia bergerak serta bagaimana manusia menggerakan adalah hal yang baru bisa saya pahami setelah mendapat penjelasan dari instruktur. Mencari nilai dari guru penggerak yang sudah ada pada diri, dapat saya temukan setelah merefleksikan diri bersama fasilitator dan teman-teman CGP. Serta peran guru penggerak seperti apa, saya mendapat wawasan baru dari pengajar praktik setelah pendampingan. Apa yang menjadi kesulitan,  ada jalan keluar jika kita tak berdiamdiri

Saya sangat senang dapat belajar tentang nilai guru penggerak yang terdiri dari berpihak pada murid, mandiri, kolaboratif, reflektif dan inovatif. Karena dari kelima nilai diri tersebut, menjadikan saya sadar arti pendidikan yang sebenarnya. Saya juga sadar posisi saya dimana dan bagaimana. Kelima nilai tersebut bertahap saya praktikan didalam kelas, hasilnya memuaskan. Anak-anak merasa senang dengan pembelajaran saya. Itu artinya saya perlahan mempelajari peran dari guru penggerak yaitu pemimpin pembelajaran.

Dari modul ini saya banyak belajar. Saya mendapatkan pelajaran tentang nilai guru penggerak berpihak pada murid, mandiri, kolaboratif, reflektif dan inovatif. Menurut saya nilai yang paling penting adalah berpihak pada murid. Karena dengan berpihak pada murid akan tumbuh secara mandiri bagi guru untuk belajar lagi, guru juga akan  berkolaboratif dengan semua pihak untuk keberhasilan pengajarannya. Guru akan selalu melakukan kegiatan yang reflektif serta selalu  berinovatif untuk memenuhi kebutuhan murid.

Saya berharap untuk kedepannya, akan melakukan hal yang lebih baik lagi dari sekarang. Keberpihakan kepada murid, dengan berkolaborasi dengan segala pihak, serta selalu berinovatif untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna untuk mewujudkan profil pelajar pancasila.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun