Mohon tunggu...
Indra Sastrawat
Indra Sastrawat Mohon Tunggu... Administrasi - Wija to Luwu

Alumni Fakultas Ekonomi & Bisnis - UNHAS. Accountant - Financial Planner - Writer - Blogger

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Kallanomics Menggema di ITB

15 Januari 2020   10:20 Diperbarui: 15 Januari 2020   10:27 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 dianugerahi gelar Doctor Honoris Causa (HC) oleh ITB Bandung, kemarin 13 Januari 2020

Saya mendapat salinan orasi dari WAG kantor, isinya 19 halaman. Ok saya persingkat pada poin keberhasilan atau kontribusi pak Jusuf Kalla selama ini.

****

Ijinkan dalam kesempatan ini saya berbagai pengalaman dlm upaya meningkatkan produktivitas baik sektor swasta dan pemerintahan. Banyak pihak yg terlibat dlm pengalaman yg saya sampaikan, tanpa kontrubusi mereka keberhasilan ini tdk akan pernah ada. Saya merasa bangga dan bahagia pernah bekerja sama bersama mereka semua.

1. Bukaka Menjadi Produsen dan Eksportir Garbarata.

Dirintis oleh 5 anak insinyur muda ITB diawal tahun 80-an: Ahmad Kalla, Fadel, Imron, Erwin dan Azhary. Bandara Soekarno Hatta menjadi titik awal Bukaka sbg satu dari lima produsen garbarata di dunia. Selain Amerika, Jerman, China dan Jepang.

Akhirnya Bukaka masuk dlm shortlisted. Kendati memiliki harga penawaran terendah, Bukaka dikalahkan perusahaan yg dekat dgn keluarga Pak Harto. Saya pun mendatangi pengusaha bersangkutan. Saya katakan bahwa proyek ini kecil bagi mereka tetapi hidup mati bagi ribuan karyawan dan puluhan ribu keluarganya.

Saya juga sampaikan bahwa Saya orang Bugis lebih baik mati berdarah dari pada mati kelaparan. Akhirnya Bukaka mendapat proyek tsb dan pak Harto memberi nama Garbarata.

2. Konversi Energi dari Minyak Tanah ke Gas Elpiji

Kami melakukan percobaan di rumah, di Bukaka dan Universitas Trisakti. Percobaan menunjukan bahwa kalori 1 liter minyak tanah setara dgn 0.4 kg gas LPG. Akhirnya gas LPG diputuskan menjadi pilihan pengganti.

3. Pembangunan Bandara di Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun