Mohon tunggu...
Islachul Imam
Islachul Imam Mohon Tunggu... Guru - Penulis Lepas dan blogger

Menyampaikan realita yang sesuai fakta dari sisi dunia pendidikan dan akar rumput.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pentingnya Pendidikan Karakter Berbasis Keislaman

10 Oktober 2022   12:07 Diperbarui: 10 Oktober 2022   12:10 338
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lembaga pendidikan yang berbasis agama Islam yang dalam kategori ini adalah madrasah kini sangat diminati dan menjadi pilihan favorit para orang tua di Indonesia untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah Islam. 

Dikarenakan sekolah Islam mempunyai program pendidikan yang mengacu pada pembinaan akhlak terhadap siswa serta guru-guru yang mampu menampilkan kepribadian yang baik bagi siswa-siswanya dan bisa dijadikan contoh karena perilaku religiusitas guru disekolah Islam cenderung bagus.

Namun itu tidak terjadi di kabupaten Magelang, karena dikabupaten Magelang sekolah berbasis Islam atau madrasah belum ada yang menjadi pilihan favorit di kabupaten Magelang.

Hal itu terjadi karena pandangan masyarakat tentang sekolah Islam mungkin masih sama dengan sekolah biasa. Namun yang terjadi saat ini peran pendidikan belum mampu membentuk peserta didik yang memiliki akhlakul karimah. 

Misalnya dari segi perilaku siswa yang kurang mencerminkan nilai-nilai atau tatanan yang berlaku di Islam, siswa sering berkata kotor, suka membolos, kurang disiplin dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan perilaku siswa di sekolah. Bahkan dalam beberapa peristiwa budaya nyontek itu terjadi di madrasah dan itu termasuk sebuah pelanggaran yang termasuk dalam akhlak madzmumah (Rindang, 2012: 4). 

Hal ini tidak sepenuhnya disebabkan oleh sifat anak, tetapi banyak faktor yang mempengaruhi peserta didik untuk berperilaku sebagaimana tersebut, antara lain dapat dikarenakan oleh teman sejawat, lingkungan dan dari pendidik pun memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk akhlak peserta didik. Hal tersebut dikarenakan karena peserta didik suka mencontoh pribadi guru dalam membentuk pribadinya. 

Semua itu menunjukkan bahwa kepribadian guru sangat dibutuhkan oleh peserta didik dalam proses pembentukan pribadinya. Artinya guru memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar terhadap pencapaian tujuan pendidikan. 

Guru tidak hanya dituntut untuk menguasai ilmu yang diajarkan namun juga dituntut untuk menampilkan kepribadian dan keagamaan  yang mampu menjadi tujuan dari pendidikan Islam. 

Salah satu tujuan pendidikan Islam ialah mengembangkan manusia yang baik, yaitu manusia yang beribadah dan tunduk kepada Allah serta mensucikan diri dari dosa (Aly, 2003: 152).

Makna tersebut terkandung di dalam firman Allah sebagai berikut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun