Mohon tunggu...
Isidorus  Marcho
Isidorus Marcho Mohon Tunggu... Mahasiswa

Seorang mahasiswa program studi ekonomi pembangunan. Senang membahas teknologi terbaru dan masalah sosial yang terjadi. Terus menerus belajar untuk menulis dan menceritakan masalah sosial.

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Ingin Saluran Air Anda Selalu Prima? Berikut Tips Sederhana Jaga Saluran Air Anda!

18 September 2020   13:30 Diperbarui: 18 September 2020   13:34 14 4 1 Mohon Tunggu...

Saluran air merupakan salah satu hal vital di dalam bagian rumah setiap orang. Dalam melakukan perancangan pembangunan rumah, hal utama yang juga Anda perhatikan ialah saluran air yang akan mengalirkan air dari seluruh bagian di rumah Anda. Saluran air tentunya bisa menjadi kotor apabila tidak dirawat dengan baik. Perlu cara-cara khusus yang perlu diperhatikan agar terhindar dari saluran air yang mampet. Berikut adalahh beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari saluran air yang kotor yang bisa berakibat pada mampetnya aliran air di saluran tersebut.

Pahami Penyebab Mampetnya Saluran Air

Penyebab mampetnya saluran air biasanya disebabkan oleh adanya penumpukan sampah-sampah yang sulit terurai, seperti plastic, bekas sabun bahkan rambut. Sampah seperti itu biasanya akan berhenti pada bagian-bagian sempit di dalam saluran air Anda dan lama kelamaan akan menumpuk sehingga mengakibatkan saluran air menjadi mampet. Selain itu, biasanya sisa makanan juga dapat mengakibatkan saluran air menjadi mampet karena proses penguraian yang cukup lama.

Tidak Membuang Sampah pada Saluran Air

Setelah Anda mengetahui penyebab utama mampetnya saluran air, pasti hal pertama yang perlu dihindari ialah membuang sampah di saluran air. Meskipun terkadang sampah yang Anda buang kecil, sampah tersebut bisa saja berhenti karena ada bagian dalam saluran air Anda yang kecil dan lalu menumpuk.

Secara Rutin Membersihkan Saluran Air

Hal rutin yang perlu Anda lakukan demi menjaga lancarnya saluran air Anda ialah membersihkan bagian-bagian kecil secara berkala. Pembersihan ini penting karena kotoran-kotoran kecil bisa saja menempel dan mampu menutup lubang saluran air tersebut. Apabila tidak sering dibersihkan, bisa saja menjadikan saluran air Anda sangat kotor karena kotoran yang mengumpul menghasilkan kerak yang susah untuk dibersihkan.

Penggunaan Pipa yang Tepat dengan Penggunaan Anda

Pemilihan jenis pipa ternyata juga penting dalam mengatasi saluran air yang mampet. Pemilihan pipa bisa didasarkan pada tujuan penggunaan Anda kedepannya, misalnya, pipa untuk saluran air dapur pasti akan lebih besar dan lurus daripada kamar mandi, karena sampah yang dibuang dari dapur pasti lebih banyak dan besar.

Itu tadi beberapa langkah yang bisa Anda gunakan untuk bisa terbebas dari saluran air yang mampet. Hal terpenting ialah menjaga kebersihan rumah Anda agar sampah tidak menumpuk dan menyebabkan masalah-masalah lain di rumah Anda, seperti misalnya saluran air yang mampet. Perencanaan dalam pemasangan saluran air juga perlu diperhatikan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan penggunaan ke depannya. Dengan begitu, Anda dapat menikmati suasana rumah Anda tanpa harus terganggu dengan permasalahan saluran air yang tersumbat akibat salah perencanaan. Selamat Mencoba!

VIDEO PILIHAN