Mohon tunggu...
Ishmah Hanifah
Ishmah Hanifah Mohon Tunggu... Auditor - Penulis amatir

Penulis amatir

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Pesona Mendaki Gunung Semeru

22 Juni 2021   20:46 Diperbarui: 23 Juni 2021   00:25 588 7 3 Mohon Tunggu...

Buat kalian yang hobi mendaki gunung, pasti sudah tidak asing dengan gunung yang satu ini. Yak betul, Gunung Semeru. Gunung yang terletak di Jawa Timur ini memiliki ketinggian 3.676 mdpl (meter diatas permukaan laut). Gunung ini dikenal sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa. Tak heran banyak pendaki yang penasaran dengan puncaknya, Puncak Mahameru. 

Puncak gundul berpasir yang diselimuti pepohonan di bawahnya itu, sudah jelas terlihat dari Kalimati. Bahkan perjalanan menuju puncaknya pun, para pecandu gunung sudah disuguhi oleh pemandangan yang mempesona. Berikut 4 titik berhenti untuk sejenak menikmati indahnya menuju Mahameru :

1. Ranu Pane

Sumber : Dokumentasi Pribadi
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Ranu Pane, sebuah danau yang cukup luas terletak di dekat basecamp TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru). Di depan danau terdapat area rerumputan yang luas dan bisa dijadikan tempat bermalam dan berkemah sebelum menuju Puncak Semeru. Udara sejuk dan embun es di sela-sela rumput dan kayu menambah pesona di titik awal perjalanan di Gunung Semeru. 

2. Ranu Kumbolo

Sumber : Dokumentasi Pribadi
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Rakum atau Ranu Kumbolo merupakan danau luas yang dikelilingi oleh perbukitan dan lahan luas untuk tempat berkemah. Danau ini memiliki luas sekitar 15 hektar pada ketinggian 2.400 mdpl. Sumber air yang sangat melimpah membuat para pendaki cukup betah berkemah dan berlama-lama di tempat ini. Untuk sekedar memasak atau meminum teh dan kopi hangat. Memandang dari dalam tenda danau eksotis di Gunung Semeru. 

3. Kalimati

Sumber : Dokumentasi Pribadi
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Kalimati, pos berkemah terakhir di Gunung Semeru sebelum menuju puncak. Di tempat ini, dapat ditemui sumber air yang disebut sumber mani. Di ketinggian 2.700 mdpl ini, para pendaki sudah disuguhkan oleh gagahnya Puncak Mahameru. Malam menuju dini hari akan terlihat titik-titik cahaya berjalan menuju Puncak Mahameru. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN