Mohon tunggu...
Isabela indah
Isabela indah Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Hai, welcome to my journey!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Marketing Online Innovation, Upaya Kreatif Pemasaran Sentra Keripik Anugerah Foods Desa Jungke Magetan

23 Desember 2020   20:55 Diperbarui: 23 Desember 2020   21:30 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kemudahan yang ditawarkan teknologi di era ini sangat mempengaruhi operasional bisnis dalam melancarkan kegiatan pemasaran. Mulai dari pengenalan produk melalui media sosial, pembelian produk online, dan beragam cara kreatif untuk membuat konten iklan agar produk dapat masuk ke dalam pasar yang luas.

Tidak hanya membantu memangkas pengeluaran, pemanfaatan teknologi selalu menjadi solusi efektif untuk mendukung kegiatan pemasaran dan mengakuisisi target pasar. Berubahnya transaksi jual beli seiring dengan berkembangnya digital menuntut para pelaku bisnis untuk merubah pula strategi pemasannya.

Di era digital seperti saat ini. Sayangnya, pemanfaatan industri digital di Indonesia saat ini masih terendah dibanding 19 negara lain yang disorot. Meskipun demikian, kondisi ini merupakan peluang besar yang harus dioptimalkan.

Dengan peluang tersebut, para Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen dari  UNIPMA melakukan inovasi pemasaran pada Sentra Keripik Anugerah Foods yang berlokasi di Desa Jungke Magetan, kegiatan inovasi tersebut juga merupakan salah satu implementasi dari Tridarma perguruan tinggi untuk membantu masyarakat.

Pasalnya, Sentra Anugrah Foods saat ini dinilai cukup unggul dalam menghasilkan produk yang berkualitas namun memiliki kendala di strategi pemasaran yang masih menggunakan strategi personal selling.

Kegiatan pengabdian ini dilakukan selama 1 bulan sejak tanggal 01-30 November 2020. Banyak poin mengenai marketing online yang disampaikan dan diharapkan dapat mengedukasi pelaku bisnis untuk mengetahui tren pasar, memahami konsep pengembangan produk, arti penting pemasaran, serta peningkatan kualitas maupun kuantitas produk.

Ibu Suparti, selaku owner dari Sentra Anugerah Foods menuturkan jika program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para Mahasiswa FEB UNIPMA cukup mampu meningkatkan jumlah produksi dan penjualan serta memperluas segmen pasar sehingga customer yang membeli tidak hanya dari wilayah Magetan saja.

whatsapp-image-2020-11-28-at-12-28-52-5fe352b3d541df20136e5af2.jpeg
whatsapp-image-2020-11-28-at-12-28-52-5fe352b3d541df20136e5af2.jpeg
Produk keripik sukun, keripik pare dan kacang Anugrah Foods yang semula tidak mempunyai website, saat ini telah dapat di akses melalui website, dengan adanya website juga bertujuan untuk menampilkan katalog produk atau portofolio dari produk yang sudah dijalankan selama ini, sehingga produk bisa diketahui oleh konsumen secara online.

whatsapp-image-2020-11-28-at-12-14-51-5fe352e78ede485da2432562.jpeg
whatsapp-image-2020-11-28-at-12-14-51-5fe352e78ede485da2432562.jpeg
Selanjutnya pengembangan yang lainnya adalah dengan membuatkan akun Instagram dan Facebook guna mendukung website yang sudah ada. Dengan menggunakan Instagram dan Facebook memungkinkan untuk menjangkau banyak pelanggan dari luar karisidenan Magetan, masyarakat Indonesia maupun luar negeri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun