Mohon tunggu...
Isaam FajarMaulana
Isaam FajarMaulana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Gemar disukusi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kapasitas Desa Bejijong Melalui Program PPK ORMAWA bersama FISIP Untag Surabaya

1 Desember 2022   16:05 Diperbarui: 1 Desember 2022   17:49 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

oleh : Isaam Fajar Maulana Hermawan

dosen pembimbing : Dra. Ni Made Ida Pratiwi., M.M

Mojokerto (Agustus -- November 2022), Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dinyatakan lolos hibah Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) 2022 dengan mendapatkan pendanaan  dari program tersebut. PPK Ormawa merupakan pelaksanaan program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh organisasi kemahasiswaan. 

Pada tahun 2022, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi memberi kesempatan kepada Perguruan Tinggi untuk meningkatkan mutu organisasi kemahasiswaan yang diisi dengan pembelajaran di masyarakat sekaligus mempraktikan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.

Organisasi dipandang sebagai sarana untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Istilah "organisasi" mengacu pada sekelompok orang yang telah sepakat untuk bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Petikan di atas memberikan bukti bahwa pentingnya keberadaan organisasi mahasiswa di lingkungan tegang dalam rangka peningkatan jati diri mahasiswa. 

Hal ini didukung dengan adanya Undang Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi pasal 77 tentang Organisasi Kemahasiswaan. Pernyataan di atas menjelaskan bahwa tujuan organisasi mahasiswa adalah untuk membantu mahasiswa agar dapat bertransisi ke masyarakat umum. 

Dalam organisasi perwakilan, mahasiswa diharapkan cepat tanggap dalam menjawab pertanyaan, mengkomunikasikan pandangannya dengan jelas, memiliki tanggung jawab yang kuat, dan meningkatkan kesadaran kewarganegaraan. 

Selain itu, organisasi untuk perempuan memiliki rencana strategis untuk memajukan cita-cita perempuan dan menjadi wadah untuk mengembangkan potensinya, baik itu akademis maupun organisasi. Sebagai mahasiswa yang progresif, kreatif, dan kritis harus mampu mengambil peran tersebut dengan baik.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Tim PPK ORMAWA FISIP UNTAG ini bertemakan Desa Cerdas dan bertempat di Desa Bejijong Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. "Peningkatan Kapasitas Human Capital Melalui Sustainable Livelihoods Literacy Guna Mewujudkan Bejijong Cerdas" adalah judul yang digunakan. 

Tim melakukan beberapa tugas yang berkaitan dengan proses seleksi, seperti melakukan survei lokasi, menjalin hubungan kerja dengan organisasi terkait, dan menyusun proposal hingga tugas akhir yaitu presentasi selesai. Dengan dilaksanakannya program ini di masyarakat diharapkan kapasitas dan kapabilitas organisasi akan meningkat sehingga dapat dikembangkan softskill yang diperlukan untuk status SDM Unggul.

Adapun indikator keberhasilan Human Capital Melalui Sustainable Livelihoods Literacy Guna Mewujudkan Bejijong Cerdas adalah 5 proyek pojok literasi yaitu Pojok Literasi Bahasa Inggris, Pojok Literasi Taman Baca Ramah Anak, Pojok Literasi Pendidikan PAUD, Pojok Literasi Kejar Paket, dan Pojok Literasi Branding Class.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun