Mohon tunggu...
Ali Warsito
Ali Warsito Mohon Tunggu... Seniman

Apa adanya, Mengalir Seperti Air

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan Pilihan

Belanja Kado Lebaran di Lapak Terdekat

13 Mei 2020   18:47 Diperbarui: 13 Mei 2020   18:40 9 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belanja Kado Lebaran di Lapak Terdekat
Belanja Online (seruni.id)

Kado lebaran sebagai ungkapan rasa sayang, hormat, cinta atau rasa apapun akan lebih bermakna  jika sesuai dengan keinginan dan kebutuhan orang yang kita tuju dan lebih komplit istimewanya jika kita bisa membuatnya sendiri.

Tapi sayang, ruang-waktu dan skill kita memiliki keterbatasan, sehingga pilihan satu-satunya adalah belanja. Belanja menjadi aktivitas sosial yang menghubungkan seorang individu dengan individu, komunitas atau korporasi. Bentuk pemenuhan kebutuhan pribadi dengan memanfaatkan jasa orang lain. Yang berbelanja mendapat manfaat nilai barang sedangkan yang menjual mendapat income atau keuntungan.

Dengan perkembangan era digital seperti saat ini, kegiatan belanja mengalami divergensi dan diversifikasi. Tidak sekedar di pusat-pusat perbelanjaan seperti toko, pasar, supermarket atau mall, tetapi juga belanja online berkembang sangat pesat. Kegiatan jual-beli tidak lagi dibatasi ruang dan waktu, Pedagang dan pembeli juga tidak harus bertemu secara fisik. Seseorang yang punya produk tidak harus memiliki kios atau ruko, karena bisa membuka layanan jasa jual-beli di rumah seperti toko. Model jual beli tidak bertemu fisik yang berbasis smartphone atau memanfaatkan aplikasi internet tanpa mengandalkan toko fisik disebut transaksi online. Sedangkan yang konvensional disebut model offline.

Saat ini belanja kado lebaran tidak harus mendatangi etalase toko atau supermarket. Cukup masuk aplikasi toko online (online shop), melihat produk dan harga yang sudah tertera, kalau cocok melakukan transaksi. Harga barang dibayar melalui tranfer atau menggunakan layanan pembayaran online.

Apakah Belanja Online Solusi Terbaik?

Kita tidak mau mengambil resiko saat berada di tengah wabah covid19 dengan berjalan-jalan menuju toko atau mall. Selain akan menguras energi secara fisik dan menghabiskan waktu, semakin banyak bernteraksi dengan orang lain diluar sana, berarti semakin berotensi tertular virus corona.

Untuk berbagai produk spesifik seperti kado lebaran, belanja online adalah pilihan terbaik. Walau tidak 100% menjamin mendapatkan produk terbaik. Dengan belanja online, kita bisa nyaman berbelanja sambil duduk-duduk atau beraktivitas lainnya di rumah. Tidak ada kekuatiran untuk berdesakan dengan banyak orang yang kita tidak tahu adakah membawa potensi virus corona atau tidak. Yang dibutuhkan koneksi internet lancar dan duit di rekening ada.

Ada banyak aplikasi toko online dengan beragam produk, model dan jenis barang dengan harga sangat bersaing, bahkan banjir diskon. Dari berbagai toko  kita akan bisa memilih harga yang paling layak sehingga bisa menyiasati sesuai dengan harga kantong dan tinggal menunggu di rumah belanjaan kita akan diantar di depan pintu.

Fakta mengapa toko online begitu menggiurkan bagi penikmat belanja, karena menawarkan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan toko biasa, Ini sangat masuk akal, karena penjual online tidak dibebani pajak, sewa toko atau fee untuk pelayan. Biaya operasional bisa ditekan sekecil mungkin, bahkan mungkin tanpa pelayan.

Kemudahan jual beli online pun memicu wirausaha kalangan usaha kecil selevel usaha rumahan untuk juga mengambil kesematan, karena kecenderungan pembeli yang berangsur-angsur beralih memanfaatkan transaksi online, dan semakin sepinya transaksi offline. Dibarengi dengan adanya PSBB dan pembatasan keluar rumah di masa pandemi, maka rakyat kecil yang penghidupannya bersandarkan pada berputaran modal kecil ini, semakin terjepit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN