Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Keamanan di Liga Tarkam Sering Luput dari Perhatian

7 Oktober 2022   16:30 Diperbarui: 7 Oktober 2022   16:38 462 33 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi liga tarkam di Ciputat, Tangerang Selatan, ada pemain asing asal Korea|dok. ANTARA FOTO/ Muhammad Iqbal/aww/16

Kompetisi sepak bola di tanah air saat ini terbagi dalam 3 kelompok, yakni Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Liga 1 adalah liga paling elit yang berisi 18 klub terbaik Indonesia.

Tapi, sebetulnya ada satu "liga" lagi yang bersifat semi formal, yakni "Liga Tarkam" atau liga antar kampung. 

Inilah wajah sepak bola Indonesia di tingkat akar rumput. Ada liga tarkam yang sudah terkelola dengan baik dan menjadi sebuah kompetisi lokal.

Namun, kebanyakan pertandingan sepak bola tarkam bersifat insidentil berupa turnamen skala kecil atau sekadar pertandingan persahabatan.

Biasanya, momen ulang tahun kemerdekaan, lebaran, menjelang bulan puasa, atau pas libur sekolah, menjadi saat yang baik untuk pelaksanaan liga tarkam.

Jangan anggap liga tarkam sebagai liga kaleng-kaleng. Ketika Liga 1 atau Liga 2 lagi libur, beberapa pemain profesional tak sedikit yang jadi pemain cabutan di liga tarkam.

Bahkan, jika ditelusuri ke sejumlah media daring, terbetik berita bahwa pemain asing yang merumput di Indonesia, ada yang mengisi masa liburnya dengan ikut liga tarkam, seperti terekam pada foto di atas.

Maksud pemain cabutan adalah pemain yang dicabut atau dicomot dari klub lain, saat sebuah klub liga tarkam mengalami kekurangan pemain.

Sepanjang ada kesepakatan harga untuk pemain cabutan dan ada izin dari klub yang pemainnya dicomot, tak ada masalah. Toh, setelah liga tarkam selesai, si pemain kembali ke klub asalnya.

Masalahnya, yang mungkin kurang disadari si pemain cabutan, permainan di liga tarkam adakalanya berlangsung dengan keras.

Jika seorang pemain cedera, fasilitas untuk pertolongan pertama tidak tersedia dengan baik. Apalagi, bila misalnya harus dibawa ke rumah sakit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan