Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Ulama Minang Dukung Ganjar, PDIP Mulai Memikat Warga Sumbar?

13 September 2022   07:38 Diperbarui: 13 September 2022   07:45 704 69 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dukungan ulama Sumbar untuk Ganjar Pranowo|dok. istimewa, dimuat mediaindonesia.com

Berbagai "manuver" dalam rangka Pilpres 2024 semakin marak, terutama deklarasi kelompok masyarakat tertentu yang menyatakan dukungannya pada salah satu figur.

Padahal, siapa capres yang akan berlaga, belum lagi ditetapkan. Tapi, mungkin karena itu, gerakan deklarasi jadi semakin banyak, untuk menekan parpol agar mau mengusung jagoan yang dideklarasikannya.

Masalahnya, ada parpol yang menunjukkan tanda-tanda tidak goyang dengan aksi dukung mendukung seperti itu.

Contohnya, tak diragukan lagi, dukungan terhadap Sandiaga Uno yang sekarang menjabat sebagai salah seorang menteri, semakin banyak bergema.

Namun, Sandi sendiri adalah kader Partai Gerindra, di mana partai tersebut sudah mengambil keputusan untuk mengusung ketua umumnya, Prabowo Subianto, sebagai capres pada Pilpres medatang.

Memang, masih ada peluang bagi Sandi, misalnya ada partai lain tertarik untuk meminang. Itupun dengan catatan, Sandi harus berani hengkang dari Gerindra.

Mirip dengan Sandi, bahkan dengan dukungan yang lebih banyak, ditujukan buat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ganjar merupakan kader PDIP, tapi kuat dugaan bahwa PDIP akan mengusung Puan Maharani, putri dari sang ketua umum PDIP, Megawati.

Nah, baru-baru ini ada yang menarik, ratusan ulama Sumbar dan tokoh adat Minangkabau menyatakan dukungannya terhadap Ganjar Pranowo sebagai capres pada Pilpres 2024, Selasa (6/9/2022).

Adapun alasannya, karena Pak Ganjar memiliki pengalaman dalam memimpin, baik di legislatif maupun sebagai Gubernur Jateng 2 periode, seperti dikatakan oleh ulama kharismatik Sumbar, Tuanku Bagindo Muhammad Letter.

Antaranews.com (6/9/2022) juga menuliskan bahwa Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Fauzi Bahar menyebut ulama Sumbar sepakat mendukung Ganjar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan