Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Nabil Asyura Top Skor AFF U-16 dan Kisah Pilu Orangtuanya

7 Agustus 2022   08:10 Diperbarui: 7 Agustus 2022   08:23 1426 52 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ayah dan Ibu dari Nabil Asyura | dok. tribunsumbar.com/han

Sejak pertama kali Timnas Indonesia U-16 tampil melawan Filipina, Minggu (31/7/2022) pada Turnamen Piala AFF U-16 yang berlangsung di Yogyakarta, saya sudah kepincut dengan striker timnas, Nabil Asyura.

Bukan karena permainan yang memukau, karena pada laga pembukaan Nabil belum mencetak gol dan semua pemain Indonesia terlihat masih demam panggung, belum bermain lepas.

Ketika itu Timnas U16 hanya menang 2-0 dan menyia-nyiakan belasan peluang emas yang sekiranya para pemain bisa lebih tenang, Indoesia akan menang besar.

Mohon maaf, saya kepincut karena alasan primordial. Reporter televisi mengatakan bahwa Nabil Asyura adalah putra Payakumbuh, Sumbar.

Payakumbuh? Ini kota kelahiran saya dan saya tinggal di sana hingga saya menamatkan sekolah menengah. Jelas, bagi saya Payakumbuh adalah kota tercinta, meskipun saya telah lebih 30 tahun ber-KTP DKI Jakarta.

Nabil Asyura setelah mencetak gol ke gawang Vietnam | dok. PSSI, dimuat suara.com.
Nabil Asyura setelah mencetak gol ke gawang Vietnam | dok. PSSI, dimuat suara.com.
Bahwa Payakumbuh punya pemain berbakat, saya tidak terlalu kaget. Sejak saya kecil dulu, untuk skala Provinsi Sumbar, Payakumbuh termasuk yang diunggulkan bersama kota Padang.

Bahkan, seorang pelatih top level nasional saat ini, Nil Maizar, adalah teman SMP adik saya di Payakumbuh. Nil pernah jadi kapten timnas junior, yang sayangnya saat sudah di level senior kariernya berakhir cepat karena cedera serius. 

Tapi, sepak bola Sumbar sudah tenggelam sejak Semen Padang tergusur dari Liga 1 ke Liga 2. Jadi, bagi saya keberadaan Nabil Asyura menjadi semacam pembangkit harapan sepak bola di Ranah Minang.

Kehebatan  Nabil baru terbukti pada laga melawan Singapura (3/8/2022), di mana Indonesia membantai anak-anak negeri singa itu dengan skor 9-0.

Nah, Nabil saat itu mencetak hattrick. Kemudian, gol fenomenal Nabil saat melawan Vietnam (6/8/2022) menjadi penentu kemenangan Indonesia atas lawan yang selama ini sulit dikalahkan itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan