Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Berburu Beasiswa, Selamatkan Mimpi Anak Muda yang Terkendala Biaya

23 Juni 2022   06:57 Diperbarui: 23 Juni 2022   09:09 556
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi KIP Kuliah | dok. news.masukkampus.com

Sewaktu saya masih di sekolah menengah, sungguh tidak terbayang nantinya akan bisa kuliah karena keadaan ekonomi orang tua yang kurang mampu.

Alhamdulillah, berkat prestasi belajar yang baik, bebarapa orang guru saya secara khusus mendatangi ayah saya. Tujuannya adalah untuk membujuk ayah agar mengizinkan saya untuk ikut tes masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

Beruntung pula, berkat dukungan ibu saya (yang rajin berdoa setelah salat tahajud), ayah setuju agar saya mendaftar seleksi PTN dan alhamdulillah diterima.

Uang bulanan dari orang tua saya relatif terbatas sekali yang sebagian di antaranya untuk membayar kamar kos di dekat kampus. 

Saya harus kos karena PTN tersebut berada di ibu kota provinsi, 125 km dari kota tempat saya menamatkan sekolah menengah.

Tapi, mulai semester kedua, saya terbantu karena memperoleh beasiswa dari Depdikbud (sekarang Kemendikbudristek). Saya lupa berapa jumlahnya. Tidak besar, namun tentu meringankan beban orang tua saya.

Apalagi, pada tahun berikutnya saya sesekali menulis opini di koran lokal dan mendapat honor. Saya ingat, ketika itu honornya Rp 2.000 untuk satu tulisan. 

Namun, pada awal dekade 1980-an, Rp 2.000 tersebut sudah lumayan, karena saya makan siang di warung masih bisa dengan Rp 200.

Selain beasiswa Depdikbud, ada juga teman saya yang menerima beasiswa dari Yayasan Supersemar, yang besarnya tak banyak berbeda dengan yang dari Depdikbud.

Jika saya bandingkan dengan situasi sekarang, jelas yang sekarang lebih baik, karena ada banyak kesempatan mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa.

Salah satu di antaranya disebut dengan "KIP Kuliah". KIP adalah singkatan dari Kartu Indonesia Pintar, yang merupakan progam pemerintah memalui Kemendikbudristek.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun