Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Music Artikel Utama

Majalah Aktuil, Pembacanya Dianggap Berselera Musik Tinggi

1 Desember 2021   04:50 Diperbarui: 1 Desember 2021   16:04 1566
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dok. pophariini.com

Setiap bulan Desember, di kantor tempat saya bekerja sering diadakan perlombaan antar divisi. Untuk bidang kesenian, ada lomba vocal group, lomba pop singer, lomba tari, dan sebagainya.

Kenapa bulan Desember? Karena ulang tahun perusahaan jatuh di pertengahan Desember, tepatnya pada tanggal 16.

Saya ingat, juri yang sering dipakai pada lomba yang berkaitan dengan seni suara, khususnya di awal dekade 90-an, salah satunya adalah Bens Leo.

Orangnya simpatik, wajahnya lebih muda dari usianya. Waktu memaparkan hasil penjurian, ngomongnya juga enak.

Meskipun saya hanya sempat bersalaman saja dengan Bens, saya sudah merasa senang. 

Soalnya, bagi saya yang memang relatif sering membaca tulisan Bens Leo dan melihat fotonya di media cetak, tentu ada sensasi tersendiri bertemu langsung dengannya.

Apakah Anda pernah membaca majalah musik Aktuil? Kalau pernah, ngaku saja, Anda tidak muda lagi, sama seperti saya. Aktuil menjadi referensi perkembangan musik pada dekade 1970-an.

Saat saya SMP saya sudah keranjingan membaca Aktuil. Awalnya saya sering membeli majalah yang bermarkas di Bandung itu karena menyukai puisi-puisi mbeling karya Remy Sylado yang rutin hadir di Aktuil.

Tapi, akhirnya saya malah kepincut dengan tulisan musik Bens Leo. Nah, itulah awal saya mengenal nama Bens Leo.

Wawancara Bens Leo dengan personil grup musik papan atas Indonesia dekade 1970-an serta ulasannya atas grup musik asing, khususnya yang beraliran rock, sangat saya nikmati.

Dari situlah kredibilitas Bens terbentuk. Tentu, sebelum Bens Leo sudah ada wartawan Indonesia yang sering menulis tentang musik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun