Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Dulu Gaji Guru seperti Dikebiri, Sekarang Ada Tunjangan Sertifikasi

25 November 2021   14:31 Diperbarui: 25 November 2021   14:41 280 68 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
dok. blogpendidikan.net

Hari Guru 2021 diperingati pada hari ini, Kamis 25 N0vember 2021. Selamat untuk semua guru di seluruh penjuru tanah air.

Terima kasih banyak atas pengabdian para guru yang sering dijuluki sebagai "pahlawan tanpa tanda jasa". Ya, guru memang pahlawan bagi bangsa dan negara.

Betapa tidak, kunci utama dari kemajuan suatu negara bukan terletak pada kekayaan alamnya, tapi pada mutu sumber daya manusia (SDM)-nya.

Dan berbicara SDM, tak pelak lagi, pendidikan lah yang memegang peranan penting. Dengan pendidikan yang baik, akan lahir generasi yang siap melanjutkan pembangunan yang akan membawa Indonesia menjadi negara maju.

Pengabdian guru semakin terlihat sejak musibah pandemi  melanda negara kita. Meskipun harus diakui banyak guru di daerah yang tergolong gagap teknologi, tapi dengan ketangguhannya berhasil melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Berdasarkan Laporan Badan Pusat Statistik (BPS) bertajuk "Statistik Pendidikan 2020" menunjukkan ada 2.893.407 guru di Indonesia pada tahun ajaran 2019/2020.

Demikian banyak jumlah guru, makanya sangat gampang kita temui di mana-mana, kecuali mungkin di beberapa kawasan terisolir yang gurunya masih relatif langka.

Jika seorang guru sudah berkeluarga dan satu keluarga terdiri dari 4 orang (suami, istri, dan 2 anak), maka terdapat sekitar 11-12 juta jiwa penduduk yang hidupnya bergantung dari penghasilan seorang guru.

Atau, kalau sedikit menyimpang dari topik utama, seandainya semua guru sepakat membentuk sebuah partai politik, maka ada potensi mendulang suara sekitar belasan juta itu tadi.

Itu artinya sekian kursi parlemen bisa diduduki oleh figur yang mewakili guru, bahkan bisa diperhitungkan untuk ikut berperan dalam mengusung seorang calon presiden.

Dengan keterwakilan guru secara politik, akan banyak aspirasi guru yang bisa dituangkan sebagai kebijakan resmi pemerintah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan