Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Presiden Jokowi: Orientasi Santri Bukan Cari Kerja, tapi Wirausaha

22 Oktober 2021   17:37 Diperbarui: 22 Oktober 2021   17:38 248 54 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dok. muslimoderat.net

Era pesantren modern di Indonesia telah berlangsung sejak lama, tepatnya sejak Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur, didirikan pada tahun 1926.

Disebut modern, karena menerapkan disiplin yang ketat dan santrinya dididik untuk menguasai bahasa asing (Arab dan Inggris), serta memberikan ilmu agama dan ilmu umum yang berimbang.

Santri yang mondok di Gontor berdatangan dari berbagai daerah, bahkan juga dari luar negeri, seperti Malaysia, Singapura dan Thailand.

Hal ini secara tidak langsung menjadi semacam pengakuan bahwa kualitas pendidikan di pesantren modern seperti Gontor, telah memenuhi ekspektasi masyarakat.

Kemudian, metode yang diterapkan di Gontor menyebar ke berbagai penjuru tanah air, yang dikembangkan oleh para alumni Pondok Modern Darussalam Gontor.

Para alumni Gontor tersebut tidak hanya berkiprah di bidang-bidang keagamaan saja. Banyak di antaranya yang menjadi guru besar di berbagai peguruan tinggi, menjadi diplomat, dokter, dan sebagainya.

Tanpa mengurangi penghargaan terhadap pesantren tradisional yang telah lebih dahulu berkembang, kontribusi pesantren modern dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di negara kita, merupakan sesuatu yang sangat berarti.

Nah, kebetulan "Hari Santri 2021" sedang kita peringati pada 22 Oktober ini, tentu menjadi momen yang tepat agar kita memberi perhatian yang lebih pada jutaan santri di negara kita.

Presiden Joko Widodo dalam kata sambutannya pada acara peringatan Hari Santri Nasional 2021 menyampaikan harapannya agar para santri nantinya tidak hanya mencari pekerjaan.

Tapi, akan lebih baik, bila alumni pondok pesantren memilih untuk berwirausaha, sehingga berpotensi untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

Presiden menyampaikan hal tersebut dengan harapan kelak Indonesia bisa menjadi pusat industri halal internasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan