Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Bukan Pembajakan, Pembinaan Jadi Kunci Sukses Jawa Barat di PON Papua

18 Oktober 2021   10:17 Diperbarui: 18 Oktober 2021   10:25 252 47 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Klasemen akhir PON Papua-10 Besar | Dok. ponxxpapua2021, dimuat riauonline.co.id

Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX yang berlangsung di beberapa kota di Provinsi Papua telah berakhir Jumat malam (15/10/2021) yang lalu. 

Sepanjang yang bisa diamati dari pemberitaan di media massa, PON Papua dapat dikatakan terlaksana dengan sukses, baik dari sisi penyelenggaraan maupun prestasi atlet yang ditandai dengan pemecahan beberapa rekor PON sebelumnya.

Satu hal yang cukup penting, PON Papua tidak hanya sekadar pesta olahraga, tapi juga salah satu perekat persatuan bangsa kita yang terdiri dari berbagai suku, ras, dan agama ini.

Apalagi, dengan dilangsungkan di Papua, telah membuka mata masyarakat bahwa Bumi Cenderawasih itu relatif sudah maju dan punya banyak destinasi wisata alam yang indah.

Memang, kawasan paling timur di negara kita tersebut, selama ini dalam benak masyarakat banyak, disebut sebagai kawasan tertinggal, dalam arti pembangunannya belum sepesat provinsi lain. 

Dengan adanya PON, tidak hanya ribuan atlet yang datang ke Papua, tapi juga ofisial, pelatih, wasit, jurnalis, pejabat dan juga keluarga atlet. Mereka menjadi saksi bahwa Papua tidaklah setertinggal yang dibayangkan.

Nantinya, tanpa ada event tertentu pun, berkunjung ke Papua bisa diagendakan oleh warga dari provinsi lain. Tujuannya, selain berwisata, juga agar rasa cinta tanah air kita semakin meningkat.

Nah, berikutnya mari kita cermati hasil akhir PON Papua dalam bentuk klasemen akhir perolehan medali, yang pada infografis di atas khusus untuk posisi 10 besar.

Jawa Barat mampu mempertahankan gelar juara umum yang diraihnya pada PON 2016, yang ketika itu Jawa Barat menjadi tuan rumah.

Dengan demikian, Jawa Barat berhasil membuktikan mereka tidak jago kandang dan gelar juara umum di PON yang lalu bukan sekadar karena faktor tuan rumah.

Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, kunci kesuksesan Jawa Barat karena berhasil melakukan pembinaan pada setiap atlet dan berjenjang berdasarkan usia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan