Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Ikut Acara Presiden, Puan Makin Getol Blusukan

5 Oktober 2021   18:45 Diperbarui: 5 Oktober 2021   19:00 380 59 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Presiden Joko Widodo dan Ketua DPR Puan Maharani meninjau vaksinasi di Banten (21/9/2021)|Foto: Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden, cnnindonesia.com

Ketika Joko Widodo atau yang lebih populer dengan nama Jokowi masih menjadi Wali Kota Solo, boleh jadi tidak ada yang memperkirakan suatu saat beliau akan menjadi Presiden RI.

Bahkan, mungkin ketika itu Jokowi sendiri tidak bermimpi jadi orang nomor satu di negara kita tercinta ini.

Begitulah, ternyata politik itu sangat dinamis. Setelah "singgah" sebentar sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi pun menjadi presiden selama 2 periode.

Kekuatan Jokowi pada awalnya adalah karena seringnya blusukan, berdialog langsung dengan berbagai elemen masyarakat, terutama masyarakat kelas menengah ke bawah.

Belakangan, kelincahan tim sukses beliau dalam berkomunikasi melalui media sosial juga menjadi kekuatan tersendiri.

Untuk media sosial, sekarang memang hal yang cukup menentukan, mengingat secara demografi, pemilih usia muda yang identik dengan kaum rebahan sambil bermedia sosial, juga banyak jumlahnya.

Sedangkan untuk blusukan, boleh dikatakan sudah menjadi trademark-nya Jokowi yang tidak gampang ditiru, karena berkaitan dengan karakter individu.

Blusukan tersebut terkesan natural, bukan mengejar pencitraan. Dialog dengan warga berlangsung spontan tanpa banyak basa-basi.

Padahal, kalau melihat pada penampilan dan juga kemampuan berpidato, rasanya banyak politisi lain yang lebih unggul ketimbang Jokowi.

Justu kesederhanaan Jokowi akhirnya menjadi modal besar kesuksesannya dalam mengantar beliau menjadi RI-1.

Kalau saja ketentuan masa jabatan presiden diubah dengan membolehkan menjabat selama 3 periode, bukan mustahil Jokowi akan terpilih lagi pada pilpres 2024.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan