Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Artikel Utama

Jabatan Kepala Desa Makin Seksi, Pilihlah yang Integritasnya Teruji

19 September 2021   14:09 Diperbarui: 24 September 2021   06:20 677 47 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jabatan Kepala Desa Makin Seksi, Pilihlah yang Integritasnya Teruji
Ilustrasi Pilkada(KOMPAS/PRIYOMBODO)

Sejatinya, kelahiran orde reformasi setelah tumbangnya rezim orde baru pada 1998 lalu, dimaksudkan antara lain untuk membentuk pemerintahan yang bersih, bebas dari praktik korupsi.

Sayangnya, dengan mengamati berbagai kasus korupsi yang telah terungkap melalui pemberitaan di media massa, justru sekarang ini pejabat yang korup semakin tersebar, bahkan sampai ke pelosok desa.

Ada kesan, mereka yang dulu berteriak melawan korupsi, ketika mendapat kesempatan duduk di pemerintahan, baik level pusat atau daerah, termasuk pula yang menjadi wakil rakyat, ada yang tergoda mengambil uang negara.

Dan yang disebut uang negara itu, sebetulnya uang rakyat juga, karena anggaran negara sebagian besar berasal dari berbagai jenis pajak yang dipungut dari rakyat.

Gagal maning, gagal maning. Begitulah kira-kira kata yang pantas diucapkan atas fenomena masih maraknya praktik korupsi di negara kita tercinta ini.

Bukannya kita tidak memberikan apresiasi atas upaya aparat penegak hukum yang telah berhasil mengungkapkan sejumlah kasus korupsi.

Tapi, bukankan keberhasilan itu sekaligus membuktikan bahwa upaya pencegahan korupsi masih belum berhasil sesuai harapan masyarakat?

Artinya, ada sesuatu yang perlu pembenahan luar biasa dalam penanganan korupsi. Soalnya, hukuman yang dijatuhkan kepada pelaku korupsi belum mendatangkan efek jera kepada yang lain.

Bisa pula dikatakan, hal itu mengindikasikan masih ada celah dalam sistem penggunaan anggaran pemerintah yang dimanfaatkan oleh oknum pejabat yang integritasnya rendah.

Ya, akhirnya berbicara soal korupsi, hal penting yang paling menentukan adalah soal integritas aparat pemerintah.

Nah, dulu ada anggapan kalau yang dikorup itu adalah proyek-proyek besar yang anggarannya tentu juga besar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pemerintahan Selengkapnya
Lihat Pemerintahan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan