Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Main Hape dan 7 Hal Lain yang Sebaiknya Dihindari Saat Nonton di Bioskop

11 September 2019   10:42 Diperbarui: 11 September 2019   10:49 0 23 9 Mohon Tunggu...
Main Hape dan 7 Hal Lain yang Sebaiknya Dihindari Saat Nonton di Bioskop
dok. idntimes.com

Bagi yang pernah menonton film di bioskop di luar negeri tentu bisa merasakan tertibnya para penonton di sana. Meskipun sebelum film dimulai tidak ada tulisan di layar yang melarang penonton menghidupkan hape, tak seorang pun yang berani main hape.

Kalau di negara kita, masih sering dijumpai penonton yang menggunakan hape saat film sudah main. Bila saat penayangan iklan sebelum film di putar, rasanya masih oke.

Namun bila bioskop sudah gelap agar perhatian penonton terfokus pada layar lebar, masih ada yang membuka hape dengan cahaya yang menyilaukan, pastilah membuat penonton lain terganggu.

Memakai mode silent tidak berarti boleh menggunakan hape untuk saling berkirim pesan secara tertulis. Apalagi bila menerima pangggilan telepon dalam bioskop, ini pasti bikin kesel banget bagi penonton lain. 

Sengaja soal penggunaan hape ditulis paling atas karena hal ini masih sering disalahpahami pemonton di negara kita. Merasa kalau tidak bersuara, tidak masalah. Padahal cahayanya yang bikin orang lain tak nyaman. 

Namun tentu bukan cuma itu yang sebaiknya kita hindari saat menonton film di bioskop. Setidaknya ada tujuh hal lain yang tak kalah menjengkelkan penonton di sekitarnya, yang sebaiknya tidak kita lakukan.

Pertama, soal suara dari mulut sendiri. Mengobrol dengan teman sebelahnya meskipun sudah bersuara pelan, bagaimanapun juga akan mengganggu orang lain. Apalagi berteriak, bersorak dan bertepuk tangan, meskipun itu dipicu oleh gambar seru yang tengah ditayangkan.

Menegur penonton di sebelah karena si penonton berisik, rasanya juga tidak perlu. Takutnya si penonton di sebelah malah membalas, akhirnya terjadi perang mulut, kecuali teman sebelah itu memang satu rombongan atau sudah saling mengenal.

Namun adakalnya penonton tidak bisa menahan tawa kalau yang tersaji adalah adegan lucu atau menangis kalau ada adegan sedih. Spontanitas seperti ini rasanya masih oke.

Kedua, soal pacaran. Menonton sambil pacaran memang asyik. Tapi jangan kelewat batas. Bahkan kalau duduknya mojok dan bangku di sekitarnya kosong, tetap harus ingat sopan santun, karena ada setan sebagai orang ketiga.

Ketiga, soal makanan dan minuman. Mengunyah makanan dengan sembrono sehingga menimbulkan suara yang keras, harus dihindari. Jenis makanan seperti pop corn, kacang dan kripik harus dikunyah secara hati-hati dan jangan sampai remahnya mendekati penonton lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x