Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Gedung Parkir Hanya Menerima Kartu Tertentu, Kita Harus Bawa Berapa Kartu?

8 April 2019   08:45 Diperbarui: 9 April 2019   11:34 419
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi parkir mobil di gedung. (foto: otomania.com)

Sabtu malam (6/4/2019), saya memenuhi undangan resepsi pernikahan yang kebetulan diadakan di Gedung Sampoerna Strategic Square, Jalan Sudirman, Jakarta.

Agak unik acaranya karena kedua penganten tidak berdiri di pelaminan menerima ucapan selamat dari para undangan, tapi mereka berkeliling menyalami hadirin yang menyebar di depan gubuk-gubuk tempat disediakan berbagai jenis makanan.

Pas pulangnya, waktu mau membayar ongkos parkir mobil, saya kelabakan karena di sana hanya menerima pembayaran memakai kartu uang elektronik.

Saya buka dompet dan mengambil kartu saya yang diterbitkan sebuah bank milik negara yang selama ini sering saya pakai kalau membayar ongkos jalan tol.

Eh gak taunya si mbak penjaga pintu parkir menolak karena hanya menerima kartu yang diterbitkan sebuah bank swasta papan atas. Untung saja ada teman yang ikut dengan saya yang punya kartu dimaksud. 

Tapi saya jadi gak nyaman juga karena dua minggu sebelumnya saat saya ada keperluan ke gedung kantor pusat sebuah bank, juga menerapkan pembayaran dengan kartu yang diterbitkan bank tersebut. 

Lagi-lagi saat itu saya diselamatkan oleh teman yang saya bawa yang kebetulan baru pensiun di kantor yang saya datangi itu. Ia punya kartu yang diminta petugas.

Tampaknya ada kecendrungan di Jakarta kalau pengelola parkir di gedung-gedung yang dimiliki oleh bank tertentu atau yang punya hubungan bisnis dengan bank tertentu, secara eksklusif hanya menerima kartu bank tersebut saja.

Area Parkir via simburnaikupdate.files.wordpress.com
Area Parkir via simburnaikupdate.files.wordpress.com

Maka bila seseorang bepergian ke sebuah gedung yang jarang dikunjunginya dengan membawa kendaraan pribadi, sebaiknya mencari informasi dulu, di tempat parkirnya memakai kartu apa? Syukur-syukur masih menerima uang tunai karena bagi orang jadul seperti saya, merasa lebih nyaman membawa uang tunai. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun