Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Rekreasi ke Gerai Mebel Terbesar, Ada Produk Indonesia yang Mendunia

17 Agustus 2018   11:06 Diperbarui: 18 Agustus 2018   17:41 0 11 6 Mohon Tunggu...
Rekreasi ke Gerai Mebel Terbesar, Ada Produk Indonesia yang Mendunia
Halaman depan (dok pribadi)

Kehadiran produk mebel atau perabot rumah tangga asal Swedia yang belum lama membuka tempat penjualan di Indonesia, sehingga menjadikannya sebagai ruang pamer mebel terbesar se tanah air, telah menarik minat banyak orang untuk berkunjung ke sana, tepatnya di Alam Sutera, Tangerang, Provinsi Banten.

Yang berkunjung ke sana tidak hanya warga Jakarta, Tangerang, atau kota lain di sekitarnya, tapi juga dari berbagai daerah di tanah air. Bahkan sekarang banyak orang yang berkunjung walaupun tidak berniat untuk membeli perabot, namun sekadar untuk rekreasi.

Rekreasi? Ya, begitulah kenyataannya. Soalnya saya sudah dua kali kedatangan rombongan saudara dari kampung saya di Sumatera Barat yang minta saya mengantar mereka ke gerai penjualan mebel tersebut, walaupun sama sekali tidak berniat untuk membeli.

Deretan meja kasir (dok pribadi)
Deretan meja kasir (dok pribadi)
Dulu, para orang kaya warga Indonesia harus terbang ke Singapura untuk membeli produk mebel dari perusahaan yang awalnya berdiri di Swedia 75 tahun lalu. Sekarang karena ada di negeri sendiri, maka wajar bila setiap hari ruang pamer ini selalu ramai pengunjung, terlebih lagi di hari Sabtu, Minggu dan hari libur lain.

Jadi, Indonesia dianggap prospektif dan menjadi salah satu dari 48 negara di mana 389 buah toko besar berada, yang menjadi jaringan distribusi dari usaha yang didirikan oleh Ingvar Kamprad di Almhult, Swedia, tapi saat ini kantor pusatnya berada di Leiden, Belanda.

Santai sejenak (dok pribadi)
Santai sejenak (dok pribadi)
Meskpun di Indonesia gerai penjualannya baru hadir sejak tiga tahun yang lalu, namun produk asal Indonesia telah 20 tahun diterima dan dijual di gerai perusahaan tersebut di luar Indonesia. 

Produk dalam negeri ini mendapat tempat khusus dengan diberi label "Produksi Indonesia yang mendunia". Ini suatu bukti, produk kita telah memenuhi standar mutu yang ketat dan diterima di pasar internasional. 

Secara tradisional, di negara kita sudah lama terdapat sentra produksi mebel dan ukiran, seperti di Jepara, Jawa Tengah. Banyak produk dari Jepara yang diekspor. Namun tidak didapat informasi apakah ada produk dari Jepara yang dijual di gerai mebel terbesar itu. Yang tercantum di sebuah papan informasi di toko di Alam Sutera tersebut adalah tentang adanya 11 produsen Indonesia yang bekerja sama.

Produk Indonesia (dok pribadi)
Produk Indonesia (dok pribadi)
Kembali ke topik sesuai judul tulisan ini, apa saja yang membuat pengunjung merasakan seperti lagi rekreasi di sana? Ada banyak hal, tapi yang paling utama adalah "cuci mata" melihat begitu banyaknya jenis barang yang dipamerkan dan tertata dengan indah.

Setelah itu, pengunjung bebas untuk menjajal berbagai produk, tanpa merasa diawasi, dan tidak perlu pula seperti pura-pura mau membeli. Duduk di sofa, di kasur, atau di kursi makan, boleh sambil bersantai melepas lelah. 

Sebagaimana gaya orang yang lagi berekreasi, jangan heran kalau banyak pengunjung yang asyik berfoto-ria dengan berbagai macam latar belakang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x