Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Jebakan "Bonus CD Musik" di Gerai Cepat Saji

18 Maret 2018   10:27 Diperbarui: 19 Maret 2018   00:03 4828
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Anda tentu tahu bahwa restoran cepat saji yang paling ekspansif di negara kita adalah yang menjual ayam goreng yang merupakan waralaba dari induknya di negara Paman Sam. 

Saya sebut ekspansif karena sekarang sudah merambah sampai kota kabupaten, bahkan kecamatan, sehingga merubah pola makan masyarakat. Padahal menurut pakar gizi, makanan ini tergolong yang kurang direkomendasikan.

Anda tentu tahu juga bahwa bagi penggiat ekonomi kreatif di bidang musik, saat ini bukan masa yang kondusif karena sangat sulit menjual album musik. Di sisi lain masyarakat begitu gampangnya menikmati lagu yang disukai secara gratis di dunia maya. Belum lagi album berupa compact disk (CD) bajakan banyak pula beredar dengan harga murah.

Nah, kondisi di atas ketika dikombinasikan, ternyata melakirkan ide yang brilian, yakni kolaborasi gerai cepat saji dengan penjualan CD. Konon metode ini adalah "penemuan" asli Indonesia dalam pemasaran musik yang mendapat apresiasi dari musisi luar negeri.

Hal ini sudah berlangsung relatif lama dan belum terdengar keluhan dari konsumen, karena dikomunikasikan sebagai hadiah alias gratis bila konsumen memilih paket tertentu yang disebut dengan paket hemat.

Seperti pengalaman saya, Sabtu (17/3), di sebuah gerai cepat saji di kawasan Benhil, Jakarta. Saat itu saya lagi jalan-jalan dengan beberapa saudara yang lagi berkunjung ke Jakarta, dan memilih makan malam di gerai tersebut.

Dengan ramah, pelayan langsung menyodorkan paket hemat dengan perkiraan harga sekitar Rp 175.000 sampai Rp 180.000. Harga tersebut mencakup 5 potong ayam, 5 porsi nasi, 5 botol minuman, dan diberi bonus 1 porsi es krim dan 1 mangkok sop. Saya langsung setuju.

Begitu saya membayar ke kasir dan bersamaan dengan penyerahan semua makanan sesuai paket di atas, saya juga diminta memilih 1 dari 5 CD yang disebutkan sebagai bonus. Saya agak kagok kok dapat bonus lagi dan sebelumnya tidak diinformasikan.

Namanya juga gratis, tentu sayang bila diabaikan. Maka sebuah CD lagu-lagu lawas dari Tantowi Yahya, sekarang Dubes RI di Selandia Baru, berpindah ke tangan saya.

Tapi ketika di meja makan saya memperhatikan struk belanja yang tadi diberikan kasir, baru jelas bahwa CD tersebut sama sekali bukan gratis, namun dijual dengan harga Rp 35.000. Agak sulit saya menemukan alasan, kenapa penjualan CD seperti disamarkan dengan mengatakan hal ini sebagai hadiah. Itupun dikatakan setelah pembeli melakukan pembayaran.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Menurut saya, cara tersebut tidaklah merugikan konsumen, karena sebelumnya telah menyepakati harga paket yang dipesan. Hanya saja dari sisi transparansi, ada yang kurang pas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun