Mohon tunggu...
Irwan Fajri
Irwan Fajri Mohon Tunggu... Guru - Guru Olahraga

saya adalah seorang guru olahraga di MAN 2 Padang Panjang

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Menulis Itu Mudah! Kata Siapa?

22 Januari 2020   11:57 Diperbarui: 22 Januari 2020   14:24 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Menulis itu mudah.  Betul sekali menulis itu mudah bagi sebagian orang.  Tapi bagi kita yang baru belajar menulis akan mengatakan menulis itu sulit. Sulit sekali malahan. Orang yang baru belajar menulis seperti saya umumnya mengalami kesulitan dalam menentukan topik. "Topik apa yang mau diangkat ya? "

Setelah berhasil menemukan topik maka akan kebingungan harus memulai dari mana. Bahkan biasanya kita akan kesulitan menentukan kata atau kalimat pembuka. 

Kita akan berfikir keras menyusun kata demi kata dan menjadi sebuah kalimat yang baik. Biasanya kita membaca ulang kalimat yang sudah kita tulis. Ujung2nya dihapus lagi karena merasa kalimatnya belum pas. Begitu seterusnya sampai tulisan kita tidak pernah selesai. 

Hal tersebut mungkin juga pernah kamu alami bukan? Seperti saya sekarang yang masih mengatakan kalau menulis itu sulit. Tapi sampai tahap ini,  saya masih terus menulis walau masih banyak yang salah dengan tulisan saya.  Yang paham dengan aturan penulisan yang baik mungkin akan memberi rapor merah terhadap tulisan saya ini. 

Pepatah minang mengatakan "hapa kaji dek diulang". Maksudnya adalah semakin sering kita mengulang suatu ilmu maka ilmu itu akan semakin melekat di fikiran kita. Begitu juga menulis,  semakin sering kita menulis maka menulis itu akan mudah. Menulis itu mudah. Tapi kata siapa?  Kata saya beberapa tahun lagi hehehe. Asiiiikkk 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun