Mohon tunggu...
IR WANDI
IR WANDI Mohon Tunggu... Yang menang akan dicari yang kalah punya kawan sejati

Yang menang akan dicari yang kalah punya kawan sejati

Selanjutnya

Tutup

Kotaksuara

Pemenangan Sumbang

25 September 2020   15:07 Diperbarui: 25 September 2020   15:18 15 2 0 Mohon Tunggu...

Pengambilan nomor  urut pasangan calon kepala daerah telah selesai dilaksanakan pada hari Kamis 24 September 2020. Hal ini berarti masing-masing calon telah lulus secara administrasi menjadi pemimpin di daerah. Para pasangan calon dianggap layak dan patut untuk dipilih guna membuat perbaikan di segala bidang.

Kemenangan yang merupakan tujuan dari pasangan calon tidak akan terlepas dari usaha tim pemenangan dalam mempromosikan visi dan misi serta program-program kandidat. Di tangan tim pemenangan lah tugas menyampaikan rencana-rencana kebaikan yang akan dilaksanakan kalau calon terpilih ke sudut-sudut daerah. Diterima tidaknya gagasan dari pasangan calon akan sangat tergantung cara tim pemenangan dalam menyampaikannya.

Pasangan calon sangat perlu memperhatikan pribadi dari tim pemenangan, sebab dari kata dan perbuatannya selama ini masyarakat akan mendengar atau tidaknya. Masyarakat tidak hanya mendengar kata yang terucap, tapi akan melihat siapa yang mengucapkan tersebut. Boleh jadi visi dan misi yang disampaikan baik, namun karena pribadi yang menyampaikan kurang baik di tengah masyarakat sehingga yang baik itu tidak terlalu didengarkan oleh khalayak ramai.

Dalam menyajikan visi dan misi ke masyarakat anggota legislatif partai pengusung sangatlah tepat sebagai oratornya. Para anggota legislatif merupakan tokoh masyarakat yang disegani dan didengarkan pandangannya. Sebagian mereka mungkin ada juga sebagai ninik-mamak bahkan penghulu dalam kaumnya. Mereka mempunyai sanak keluarga dan basis masa yang besar. Sekiranya para anggota legislatif partai pengusung dan anggota tim yang lain memaksimalkan peran public relationsnya tentu suara yang di target akan tercapai.

Tim pemenangan harus empati pada calon yang diusung dan didukung secara lahir dan batin. Kalau hanya mendukung pasangan calon lahirnya saja namun di batin berpaling, tentu aura membelakang tersebut akan terpancar juga. 

Begitu juga sebaliknya, mungkin di batin mendukung pasangan calon namun tidak sanggup membawa ke permukaan tidak baik juga untuk mendapatkan suara dukungan. Sumbang, begitulah masyarakat melihat gerak-gerik bagian tim pemenangan. Inilah awal mula penyebab kapal tidak seperti yang diharapkan berlabuh di dermaga, atau yang paling ditakutkan karam di tapi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x