Mohon tunggu...
IRWAN BOLAS
IRWAN BOLAS Mohon Tunggu... Wiraswasta - Masyarakat biasa

Masyarakat yang berbudi pekerti luhur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Masih Adakah Nilai-nilai Pancasila di Kehidupan Saat Ini?

27 April 2021   10:42 Diperbarui: 27 April 2021   11:16 44 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Masih Adakah Nilai-nilai Pancasila di Kehidupan Saat Ini?
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pancasila adalah dasar ideologi bagi bangsa Indonesia, pancasila sebagai landasan keputusan bagi bangsa Indonesia yang mencerminkan kepribadian bangsa, artinya dalam membuat keputusan dan kebijakan harus di dasari nilai-nilai Pancasila. Pancasila memiliki lima nilai rumusan utama yaitu ; ketuhanan yang maha esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Nah dari kelima rumasan ini ialah nilai-nilai dasar masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. 

Dengan   adanya   Pancasila   sebagai   ideologi   bangsa   Indonesia   dalamkehidupan bernegara maka diharapkan nilai-nilai Pancasila dapat diimplementasikandengan   baik,   sehingga   tidak   terjadi   konflik   yang   bertentangan   dengan   nilaiPancasila.  Namun   pada kenyataannya, saat   ini  masyarakat mulai   kehilangan  jatidirinya   dalam  arti   nilai-nilai   ideologi  bangsa   yang  seharusnya  menjadi   pedomandalam  berbangsa   dan bernegara   mulai  menghilang  dalam   kehidupan sehari-hari.Pancasila sebagai ideologi juga saat ini hanya menjadi ideologi semboyan oleh parapenguasa.  Aplikasi   nilai  Pancasila   di  lapangan   jauh  dari  cita-cita   dan   nilai  yangterkandung didalamnya. hal  inimemperlihatkan bahwa nilai-nilai Pancasila tidak tertanam dengan baik di dalam dirimasyarakat bangsa Indonesia.

Pancasila sebagai ideologi negara dan pedoman menjalani kehidupan memuatnilai-nilai yang baik dan tidak menyimpang. Oleh karena itu Pancasila perlu sekaliuntuk diaktualisasikan, karena didalam Pancasila mengandung nilai-nilai yangsangat luhur dan mulia yang telah digali dari kehidupan bangsa Indonesia sendiri.Apabila nilai Pancasila telah teraktualisasi dengan baik, maka bangsa Indonesiadapat menjadi bangsa yang maju dan damai.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN