Mohon tunggu...
Irvan Oktaviandry
Irvan Oktaviandry Mohon Tunggu...

Sebuah catatan, Sebuah Cerita. Dan mengikuti semua jalan yang ada seperti air yang mengalir. Lu berenang apa Tenggelem tong? Serius amat Hidup Lu. Relax. Take A Deep Breath and Enjoy it.

Selanjutnya

Tutup

Tekno

(Opini) Strategi Xiaomi Menjual Perangkat Murah untuk Media Iklan

14 Maret 2018   10:36 Diperbarui: 14 Maret 2018   10:43 865 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
(Opini) Strategi Xiaomi Menjual Perangkat Murah untuk Media Iklan
arstechnica.com

Xiaomi. Siapa yang tidak mengenal Device dengan harga "Bersahabat" namun spesifikasi "Gahar"?. Seperti yang kita ketahui, smartphone besutan negara asal Tiongkok ini berhasil merajai pasar smartphone didunia dengan Harga serta Spesifikasinya. Tak banyak yang tau tujuan dari Xiaomi ini sendiri memasarkan smartphone dengan harga "Low End" namun speksifikasi "Middle-High End". Jika dilihat dari segi penjualan, peningkatan penjualan Xiaomi sendiri dapat dilihat melalui table berikut ini :

www.sailingscuttlebutt.com
www.sailingscuttlebutt.com
Jika dilihat, sebagai pemain baru, Xiaomi menempati 5 teratas penjualan terbanyak pada tahun 2017. Tapi, tahu kah anda bahwa Xiaomi tidak mengambil keuntungan dari device yang mereka jual? Betul, Xiaomi tidak mengambil keuntungan dari sekian juta device yang dijual. Berdasarkan situs detik.comVP Xiaomi Global mengatakan "Pada dasarnya kami seperti memberikan (ponsel) ke anda tanpa menghasilkan uang. Kami bisa menjual 10 miliar ponsel dan kami tak akan menghasilkan keuntungan sepeser pun,"ujar Hugo Barra.

Lantas, dari mana xiaomi mendapatkan penghasilan? 

Bisa dikatakan bahwa saat ini Xiaomi tengah gencar menjual device milik mereka untuk tujuan "Tertentu". Mengapa diberikan tanda kutip? Pada dasarnya, seluruh perusahaan besar, Seperti Samsung, Sony, Oppo dan beberapa perusahaan smartphone lainnya tidak menampilkan iklan pada "ROM" atau "Basic System" dari perangkat itu sendiri. Lantas, apa yang dilakukan oleh "Xiaomi"?

Xiaomi mengambil keputusan untuk mengambil keuntungan melalui device yang mereka sudah jual sepenuhnya. Caranya? Perhatikan gambar berikut ini : 

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi
Jika dibenak Anda tersirat kata "IKLAN", Anda benar. Pada dasarnya, Advertising Digital didunia sudah melesat kencang. Mulai dari iklan di Blogspot, Iklan di Aplikasi, atau iklan di Media sosial. 

Jika dibenak Anda tersirat "Agan menggunakan ROM Developer atau Distributor", jawabannya salah, ini adalah ROM GLOBAL dan ini RESMI dari Xiaomi langsung.

Pada dasarnya, Xiaomi sudah melakukan penjualan Devicenya ke masyarakat, namun hal diatas merupakan pelanggaran (yang menurut penulis rasakan). Mengapa? Karna xiaomi sebelumnya sudah menjual Device, lantas mengapa masih memainkan software dengan program "Numpang iklan" di dalamnya? Aplikasi System seperti :

- Music

- File Manager

- Browser

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN