Mohon tunggu...
Irvan Oktaviandry
Irvan Oktaviandry Mohon Tunggu...

Sebuah catatan, Sebuah Cerita. Dan mengikuti semua jalan yang ada seperti air yang mengalir. Lu berenang apa Tenggelem tong? Serius amat Hidup Lu. Relax. Take A Deep Breath and Enjoy it.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Uniknya Kain Ulos Sumatera Utara di Galeri Indonesia WOW

20 Maret 2016   13:32 Diperbarui: 20 Maret 2016   14:49 572 4 1 Mohon Tunggu...

[caption caption="Penampakan setelah masuk Pintu Utama Galeri Indonesia WOW | Source Picture From My Smartphone"][/caption]

 

" Jaman dan Teknologi yang saat  ini sedang maju pesat, meninggalkan jejak kebudaayan dan tradisi bangsa kita yang sangat jauh. Jika bukan kita yang melestarikannya, siapa lagi? bangsa yang besar adalah bangsa yang bangga menggunakan Produk hasil buatannya sendiri "

 

     Hari ini saya mengikuti acara" Kompasiana Coverage Galeri Indonesia WOW "yang mengusung Tema " Socio-Techno Preneurship For Indonesia ". Disini, saya dan 9  kawan-kawan Kompasianer Ditantang untuk membuat sebuah Artikel Mengenai Produk dari UKM secara lebih dekat dan memberikan beberapa Review dari Produk yang dipilih untuk diulas.

     Singkat cerita, saya mengelilingi Galeri Indonesia WOW dari Lt. 1 s/d 15. Yang mana Lt. 1-2 Memuat berbagai macam Produk-produk, mulai dari kesehatan, kecantikan, obat-obatan sampai Kuliner. Di lantai ini saya masih belum menemukan Inspirasi yang bisa saya jadikan sebuah artikel karna Aroma Kuliner dari berbagai Both yang membuat saya tidak konsen ( a.k.a Laper~ ).

     [caption caption="Foto Aktivitas para pengunjung yang mencicipi Both Kuliner yang ada di lantai 2 | Source From my Smartphone"]

[/caption]

[caption caption="Sesi Opening Acara Galeri Indonesia WOW"]

[/caption]

     Setelah asik mencicipi beberapa kuliner dan melupakan tugas saya untuk membuat sebuah artikel ( #LOL ), Saya segera beranjak untuk menengok beberapa UKM Unggulan tiap Provinsi yang berada di Lt.3 s/d 15. Saya melihat banyak sekali Produk-Produk unggulan. Mulai dari Batik, Kain Tenun, Songket, Furnitur, Miniatur, dsb. Namun saya masih belum mendapatkan Inspirasi yang menurut saya Unik.

      Akhirnya, mata saya tertuju pada 1 Both yang menggunakan 1 Bahan dalam setiap Produknya. Yup, benar sekali. Produk Itu adalah Kain Ulos yang berasal dari Tanah Sumatera Utara. Sebelum saya melanjutkan Produk apa saja yang dibuat, saya akan sedikit menerangkan apa itu Kain Ulos.
[caption caption="Selamat Datang diboth Sumatera Utara Galeri Indonesia WOW | Source Picture From my Smartphone"]

[/caption]

     Jika dilihat dari segi kegunaannya, kain ulos sendiri sama dengan kain lainnya, yang bisa di gunakan sebagai Pakaian atau Fashion Style. Namun dari segi Makna, kain ulos banyak mengandung Makna. Ada beberapa kain ulos yang dipakai sebagai acara Syukuran, Pernikahan, atau Acara yang memang tujuannya merayakan suatu kebahagian. Namun ada pula yang memang Khusus untuk acara " Pesta Kematiaan" misalnya Ulos Antakantak , yang mana ulos ini dipakai saat melayat orang meninggal.

     Apa yang membuat saya tertarik pada Both ini. Alasan saya memilih Both ini, Karna keunikan dari Ulos itu sendiri, baik dari segi " Kegunaan" maupun segi " Makna " nya. jika ada teman-teman yang mengatakan bahwa " Ahhh kain ulos itu kampungan, ga bermutu, dan ga modis ", Teman teman salah. Both ini sangat memanfaatkan keunikan dari kain ulos dari Sumatera utara dan dengan Kreatifitas dari beberapa orang, Akhirnya kain Ulos pun disulap menjadi Produk-Produk Unik dari UKM ini. Untuk Contoh Produknya, Kawan-kawan pembaca bisa melihat gambar dibawah ini.

[caption caption="Bantal Sofa yang terbuat dari Kain Ulos | Source Picture From my Smartphone"]

[/caption]

[caption caption="Tas tangan untuk wanita dari kain Ulos | Source Picture From my Smartphone"]

[/caption]

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x