Mohon tunggu...
Irvan Maulana
Irvan Maulana Mohon Tunggu... Penulis - Put Right Man on the Right Place

Pemerhati Bangsa

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Tetap Bisa Produktif Tanpa Tips Produktif

17 November 2021   08:12 Diperbarui: 17 November 2021   08:36 107 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi fokus bekerja dalam tim|Sumber:pexels/@tiger-lily

Banyak dari kita telah mencoba berbagai pendekatan untuk lebih produktif, mulai dari bantuan aplikasi, spreadsheet, jurnal, kalender, dan pengatur waktu.

Semua laman yang menyediakan tips-tips produktivitas kerja juga sudah berkali-kali dikunjungi, namun tak kunjung berdampak pada peningkatan produktivitas. Terlalu banyak tips teoritis justru akan sulit diimplementasikan.

Tidak semua menyukai tips yang bersifat teoritis yang terkadang sulit diimplementasikan. Banyak juga yang mengandalkan pengalaman pribadi di masa lalu sebagai pembelajaran di masa depan.

Orang yang tidak suka membaca panjangnya tips-tips produktif, tetapi di saat yang sama dituntut untuk terus produktif, mungkin telah mencoba berbagai tips-tips agar tetap produktif.

Lalu, mungkinkan kita tetap bisa produktif tanpa bergantung pada tips-tips produktif yang terkadang justru kontraproduktif?

Bisa, selama kita menemukan cara dan langkah-langkah kecil yang kita terapkan secara konsisten dan menikmati setiap proses jatuh bangun membangun karir di dunia kerja.

Ketika mulai terganggu, pikirkan bagaimana waktu dapat digunakan untuk hal-hal yang benar-benar ingin dilakukan bukan terjebak pada hal-hal yang terpaksa dilakukan.

Sederhananya seperti menghabiskan waktu bersama keluarga. Mengetahui kapan harus berhenti fokus pada suatu tugas dan mengetahui kapan harus beralih ke tugas yang lain.

Frustrasi duduk di meja? Bawa pekerjaan ke luar.Layar komputer membuat mata menjadi buggy? Beralih kerja dengan kertas-kertas atau beralih pekerjaan yang menggunakan audio.

Saat energi hampir habis, anggap itu sebagai sinyal untuk melakukan sesuatu yang lain sebentar. Ketika semua trik gagal, tidurlah sejenak untuk pemulihan.

Sederhana, bukan? Tapi banyak yang lupa dengan cara-cara sederhana karena terlalu banyak membaca hal-hal yang terlalu canggih yang membuat otak kelebihan muatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan