Mohon tunggu...
Irvan Maulana
Irvan Maulana Mohon Tunggu... Penulis - Put Right Man on the Right Place

Pemerhati Bangsa

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Cara Memaksimalkan Kreativitas Saat Merasa Tidak Kreatif

17 Oktober 2021   21:25 Diperbarui: 18 Oktober 2021   12:54 575 16 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi bekerja dengan kreativitas.|Sumber: pexels/@kaboompics

Tak bisa dipungkiri perasaan kagum menyelinap ketika melihat orang-orang yang memiliki kreativitas tanpa batas dan menghasilkan karya-karya terbaik secara berkala. Ide-ide kreatif mereka seakan tak pernah habis untuk dituangkan dan dinikmati masyarakat luas.

Pertanyaan besarnya adalah pernahkah mereka merasa tidak kreatif? dan bagaimana mereka menjaga pikiran agar tetap kreatif?

Banyak orang yang memiliki asumsi yang salah bahwa mereka terpaksa menjadi kreatif agar terlihat benar-benar kreatif. Namun, kreativitas itu harus dipahami secara luas dan tidak terbatas pada mereka yang memiliki keahlian desain saja.

Setiap orang dari berbagi latar belakang profesi dan keahlian bisa dan harus bercita-cita untuk menjadi lebih kreatif.

Kreativitas adalah kemampuan untuk memahami dunia dengan cara baru, menemukan pola tersembunyi, membuat hubungan antara hal-hal yang tampaknya berbeda, dan menghasilkan solusi inovatif. Ketika Anda kreatif, Anda dapat mengubah ide-ide baru dan imajinatif menjadi kenyataan.

Soft skills ini sangat berharga di industri atau bidang apapun dan hanya membutuhkan penyesuaian pola pikir Anda untuk melihat segala bentuk masalah dan cara penyelesaiannya. Kreativitas membuat Anda tidak mudah mundur dalam menghadapi berbagai macam tantangan dan permasalahan

Berikut adalah enam cara untuk memaksimalkan kreativitas Anda ketika Anda berpikir Anda tidak kreatif:

1. Pupuk Rasa Ingin Tahu

Sebagai seorang penulis misalnya, rasa ingin tahulah yang memicu kreativitas tentang ide-ide konten terbaik. Ketika Anda benar-benar ingin tahu tentang orang lain dan semua hal-hal baru lainnya, secara tidak langsung Anda akan bertanya tentang ide-ide lanjutan menemukan jawababn-jawaban atas keingintahuan Anda.

Mencoba mengajukan pertanyaan seperti "Bagaimana jika?" dan "kenapa tidak?" akan  memudahkan kita melihat pilihan-pilihan ide kreatif yang bisa implementasikan untuk menyelesaikan masalah.

Memupuk rasa ingin tahu dapat membantu Anda membingkai ulang proses dan sistem yang sudah ada dan menciptakan lingkungan baru untuk pikiran Anda dalam membantu Anda sampai pada solusi yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Keingintahuan adalah penangkal yang sangat baik untuk tidak kehilangan arah dalam menemukan ide-ide segar yang inovatif.

2. Tidak Skeptis dan Berpikiran Terbuka

Pembunuh kreativitas terbesar adalah pola pikir tertutup atau skeptis. Tantang diri Anda untuk mempertimbangkan ide-ide baru bahkan dari sumber-sumber yang tidak kredibel sekalipun. Usahakan untuk tetap terlibat dalam diskusi dengan orang-orang yang memiliki latar belakang yang berbeda dengan Anda. Latar belakang yang berbeda akan memperkaya khazanah keilmuan dan kreativitas Anda.

Carilah pengalaman yang tidak biasa dengan berinteraksi dengan berbagai orang yang memiliki keunikan dalam ilmu pengetahuan mereka. Ketika Anda membuka pikiran Anda untuk keluar dari zona yang biasa Anda jalani, makan Anda akan mendapatkan ruang untuk inovasi dan penemuan baru. Cara ini akan membuat Anda semakin kreatif dengan sendirinya tanpa sengaja menjadi kreatif.

3. Berlatih "Melamun Cerdas" dengan Sengaja

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan